Cara Santap Pempek yang Benar Agar Makin Tasty | Breaktime
Cara Santap Pempek yang Benar Agar Makin Tasty
03.06.2015

Pempek merupakan salah satu makanan khas Indonesia lebih tepatnya, Palembang. Tidak hanya menjadi favorit dari penduduk kota tersebut, makanan satu ini sudah jadi kesukaan seluruh penjuru tanah air. Jenisnya yang beragam serta rasanya lezatnya memang memikat siapa saja yang menyantapnya.

Jenisnya yang beragam sepeti halnya pempek kapal selam, lenjer, telur, kulit, pistel, dan tahu dijamin akan membuat lidah bergoyang saat menyantapnya. Uniknya, ternyata ada cara-cara tertentu yang akan semakin memunculkan cita rasa kuliner satu ini. Coba, yuk!

  1. Untuk pempek lenggang, lumuri dulu dengan kocokan telur bebek kemudian barulah digoreng untuk menghasilkan citarasa yang sempurna.
  2. Pempek pistel, disarankan untuk menggorengnya sampai warnaya berubah menjadi kecokelatan. Rasa tumisan pepaya muda didalamnya akan tambah gurih karena proses ini.
  3. Sedangkan untuk pempek keriting, B’timers tak perlu mengolahnya menggunakan minyak. Cukup dikukus, dan bisa langsung disantap.

Selain cara mengolahnya, B’timers juga perlu memperhatikan cara menyantapnya. Supaya tekstur kering pempek tetap terasa, sebaiknya jangan merendam potongan pempek di dalam kuah cuko. Lebih baik, cocolkan irisan pempek ke dalam kuah cuko baru kemudia disantap. 

Cara Santap Pempek yang Benar Agar Makin Tasty | Breaktime
Saus cuko, cocolan untuk pempek

Di Palembang sendiri, ada cara unik untuk menikmati pempek. Pertama-tama, cuko dimasukkan ke dalam sebuah wadah kecil. Setelah itu makanlah, pempek kemudian hirup aroma cuko dan minumlah layaknya kopi atau teh. Dengan menggunakan cara unik ini, B’timers akan mendapatkan sensasi cita rasa pempek yang jauh berbeda dari biasanya. Penasaran?

Share This Article