Cara Mudah Hilangkan Bau Lebus dari Daging Kambing
Cara Mudah Hilangkan Bau Lebus dari Daging Kambing
23.09.2015

Mendekati Hari Raya Idul Adha, ibu rumah tangga sering kebingungan menentukan menu masakan yang akan dibuat. Terlebih, aroma daging kambing yang tidak sedap alias lebus juga jadi kendala tersendiri saat diolah. Namun, jangan khawatir karena Breaktime punya segudang cara untuk mengusir bau lebus dari daging kambing.

Jangan dicuci

B’timers pasti berpikir dua kali ketika membaca cara pertama ini. Namun, mencuci daging kambing ternyata bukan menghilangkan bau lebusnya, tapi malah membuat aroma tidak sedap makin kuat. Jika takut tak steril, Anda cukup merebusnya sebelum dimasak.

Air perasan jeruk

Jika biasanya air jeruk ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan, kini Anda bisa melakukan cara yang sama untuk mengusir bau tak sedap pada daging kambing. Caranya, potong jeruk nipis, peras dan lumuri permukaan daging dengan air perasan tersebut hingga merata.

Jahe

Tak hanya jeruk nipis, jahe pun mampu menghilangkan aroma tak sedap daging kambing. Haluskan jahe dengan cara diuleg ataupun diparut, kemudian oleskan pada daging kambing. Hasilnya, bau lebus pun akan terganti dengan aroma jahe yang khas.

Daun pepaya dan nanas

Cara yang satu ini, tak hanya ampuh mengusir bau, tapi juga dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Haluskan nanas dengan cara diparut, kemudian balurkan merata ke daging kambing. Selanjutnya, bungkus daging menggunakan daun papaya. Diamkan selama 30 – 60 menit sebelum dimasak.

Gulai kambing, makanan favorit dari daging kambing
Gulai kambing, makanan favorit dari daging kambing

Lobak

Sebelum dimasak bersama bumbu, rebus daging kambing bersama potongan lobak secukupnya. Setengah jam kemudian keluarkan lobak dan tiriskan daging kambing.

Tebu

Tebu juga bisa menghilangkan bau lebus pada daging kambing. Rebus 1 kilogram daging kambing bersama 200 gram tebu yang dipotong-potong selama 30 menit.

Daun jambu kluthuk

Remas-remas daun jambu kluthuk atau haluskan dengan cara diulek. Kemudian oleskan merata pada daging kambing sambil di tekan-tekan. Lakukan cara ini sebelum daging kambing dimasak.

Cuka

Cuka seperti halnya perasan jeruk, memiliki aroma yang asam dan dapat mengusir bau lebus. Rebus 1 kilogram daging kambing bersama 1 liter air dan 50 gram cuka hingga mendidih. Kemudian tiriskan daging kambing.

Kacang hijau

Siapa sangka bila kacang hijau juga mampu menghilangkan bau lebus daging? Caranya, rebus 1 kilogram daging kambing bersama 5 gram kacang hijau selama 10 menit. Kemudian tiriskan dan masak sesuai selera Anda.

Ternyata menghilangkan bau lebus dari daging kambing cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba di rumah, B’timers!

Share This Article