Cara Lezat Makan “Mulut Sapi” Lewat Rujak Cingur | Breaktime
Cara Lezat Makan “Mulut Sapi” Lewat Rujak Cingur
05.04.2016

Berkunjung ke kota Pahlawan belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi salah satu kulinernya. Dalam pikiran B’timers pasti sudah terbayang betapa lezatnya beragam kuliner khas Surabaya yang bisa Anda nikmati. Salah satu kuliner khas Surabaya yang populer hingga ke seluruh pelosok Nusantara adalah rujak cingur. 

Cara Lezat Makan “Mulut Sapi” Lewat Rujak Cingur | Breaktime
Lezatnya bumbu petis dan perpaduan cingur di dalam rujak

Yap, kuliner rujak yang satu ini selalu berhasil membuat siapapun mengeluarkan air liur. Rujak cingur biasanya terdiri dari sayuran, seperti kangkung, kacang panjang, dan kecambah, yang direbus hingga empuk. Tidak hanya sayuran, rujak cingur juga ditambahkan beragam buah seperti timun. Beberapa jenis rujak cingur bahkan juga ditambahkan potongan bengkuang atau nanas di dalamnya.

Yang paling spesial dari rujak cingur adalah bumbu petis kacangnya. Dibuat dari mengulek petis udang, gula merah, dan kacang tanah menjadi satu di atas cobek batu membuat cita rasa petis semakin kaya rasa. Tambahan potongan lontong, tahu, dan tempe goreng membuat kudapan satu ini selalu pas dinikmati berbagai suasana. B’timers juga tidak ragu untuk menambahkan kerupuk saat menikmati hidangan satu ini.

Cara Lezat Makan “Mulut Sapi” Lewat Rujak Cingur | Breaktime
Lebih sedap dinikmati dengan alas daun pisang

Satu bahan utama dalam rujak cingur yang tidak bisa Anda lupakan adalah cingur itu sendiri. Cingur dalam bahasa Jawa berarti “mulut”. Berbeda dengan rujak petis biasanya, potongan cingur atau moncong sapi rebus ditambahkan dalam adonan rujak hingga terciptalah rujak cingur yang menggiurkan. Memang terdengar aneh, ya, untuk memakan cingur atau mulut sapi. Tetapi, setelah B’timers mengicip kelembutan sekaligus kekenyalan khas cingur, Anda dijamin akan jatuh cinta.

Rujak cingur telah menjadi kuliner tradisional Surabaya yang dicintai oleh banyak wisatawan lokal maupun internasional. Nah, B’timers pastinya memiliki resep andalan ataupun turun temurun tersendiri untuk disajikan pada keluarga Anda kan? Tidak ada salahnya Anda bergabung dengan #BTindChallenge.

Lewat Breaktime Challenge, B’timers dapat membuktikan kemampuan Anda dalam mengolah masakan dan mencurahkannya dalam bentuk resep yang menawan. B’timers dapat melihat info lebih lengkap berkaitan dengan #BTindChallenge lewat Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/). Ikuti dan tunjukkan pada dunia bahwa Anda layak menjadi seorang #SmartKoki! Good luck, B’timers! (ft)

Share This Article