Cara Aman Gunakan Alumunium Foil Saat Masak | Breaktime
Cara Aman Gunakan Alumunium Foil Saat Masak
03.07.2016

Anda suka menggunakan alumunium foil saat memasak, B’timers? Alumunium foil memang digunakan untuk membuat makanan lebih cepat masak ketika diolah. Namun sudah benarkah cara memasak Anda dengan alumunium foil? Intip cara aman gunakan alumunium foil saat masak berikut ini, yuk!

Gunakan alumunium foil di bagian bawah loyang

Dengan cara ini, tidak akan ada remah makanan menempel di permukaan loyang setelah memasak, B’timers. Jika Anda menginginkan cookies yang renyah, cara ini sangat disarankan, lho. Namun lapisi alumunium foil dengan minyak terlebih dahulu, atau selalu ganti lembaran alumunium foil yang baru.

Jangan letakkan alumunium foil di bawah oven

Wah, tetesan minyak yang keluar ketika kita memasak daging cukup menjengkelkan. Namun jangan pernah menggunakan alumunium foil sebagai alas di bawah oven, B’timers. Meletakkan aluminium foil di bawah oven  menyebabkan panas tidak merata, bahkan semakin lama dapat merusak oven Anda, lho.

Cara Aman Gunakan Alumunium Foil Saat Masak | Breaktime
Selain unggas, alumunium foil dapat digunakan untuk ikan

Gunakan alumunium foil membungkus unggas

Memasak unggas memang bisa menjadi hal yang sulit. Nah, untuk menhindari kulit unggas hangus terbakar, gunakan alumunium foil sebagai pembungkus daging unggas utuh, B’timers. Dengan cara ini, daging akan lebih matang sempurna, tanpa membiarkan kulitnya menghitam karena terbakar.

Jangan gunakan alumunium foil dalam microwave

Gelombang elekrtomagnetik akan melewati kaca, kertas dan keramik. Ini membuat makanan mendapat cukup panas selama proses memasak. Namun alumunium foil dapat mengalihkan gelombang panas dari microwave, B’timers. Selainmenyebabkan makanan tidak matang, juga dapat merusak microwave Anda.

Cara Aman Gunakan Alumunium Foil Saat Masak | Breaktime
Memasak kentang dengan alumunium foil?

Gunakan alumunium foil untuk makanan yang berbau

Selain cara aman gunakan alumunium foil saat masak, juga bisa digunakan untuk menyimpan bahan atau olahan makanan yang memiliki bau kuat, sebaiknya bungkus dengan menggunakan alumunium foil dan lapisi dengan plastik, B’timers. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas atau freezer.

Jangan gunakan foil untuk makanan tinggi asam

Tart buah dan hidangan yang terbuat dari cuka, tomat atau saus tomat tidak boleh disimpan dalam bungkusan alumunium foil, lho. Lasagna yang dibungkus dalam alumunium foil dapat mengikis lapisan kecil foil dan memindahkannya dalam makanan. Jadi sebaiknya gunakan pembungkus plastik saja.

Nah, itulah cara aman gunakan alumunium foil saat masak. So, jangan salah lagi menggunakan alumunium foil, ya, B’timers? (NO)

Share This Article