Bumbu Ulek VS Bumbu Blender, Sedap Mana? | Breaktime
Bumbu Ulek VS Bumbu Blender, Sedap Mana?
12.12.2015

Indonesia terkenal sebagai salah satu surga masakan enak.  Tak heran menu rendang masuk daftar makanan paling enak sedunia. Rahasianya apa, sih? Tentu saja ada pada bumbu yang digunakan!

Tapi, beredar mitos yang mengatakan bahwa bumbu tradisional baru terasa sedap kalau diolah dengan cara diulek. Sedangkan jika menggunakan alat modern seperti blender, cita rasanya akan berkurang. Benarkah hal ini, B’timers?

Ternyata memblender itu lebih seperti mencincang. Bedanya, prosesnya jauh lebih cepat. Sementara mengulek, sama seperti proses pressing. Nah, yang membuat bumbu terasa enak dan memiliki aroma yang khas adalah dengan proses mengulek (pressing) karena dapat mengeluarkan minyak alami dari bahan-bahan mentah yang akan membuat bumbu lebih beraroma. Itulah yang membuat bumbu ulek jauh lebih nikmat ketimbang hanya dihaluskan dengan cara memblender saja.

Di balik itu semua, bahan ulekan yang terbuat dari kayu atau batu juga memiliki peran penting dalam menghasilkan aroma alami bumbu. Tak heran kan, mengapa bumbu yang diulek memiliki rasa yang khas?

Ya, di era kemajuan teknologi ini, kita tidak lagi direpotkan dalam menyiapkan masakan setiap harinya. Apalagi sekarang dengan mudah dapat dijumpai macam-macam bumbu instan, bahkan di warung kelontong dekat rumah.

Dan dengan terbatasnya waktu di rumah, membuat kita juga mulai beralih menggunakan bumbu-bumbu instan. Apalagi bumbu instan yang tersedia juga untuk bermacam-macam jenis masakan. Bahkan jika memiliki waktu sekalipun, kita lebih sering menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Memang bumbu blender tidak senikmat jika bumbu itu dihaluskan dengan cara diulek. Tapi, ada loh, triknya agar bumbu blender kita senikmat bumbu uleg, B’timers.

     1. Tumis bumbu mentah

Dengan memblender bumbu, ternyata tidak bisa mempertahankan aroma khasnya. Jadi salah satu triknya adalah, dengan terlebih dahulu menumis atau menggoreng bahan-bahan bumbu yang akan Anda blender. Dengan begitu aromanya tetap sedap.

Bumbu Ulek VS Bumbu Blender, Sedap Mana? | Breaktime
Dengan menumis lebih dulu, bumbu blender bisa enak juga, kok

     2. Tambahkan minyak

Bagaimana jika lupa menumis bumbu? Tidak masalah! Anda tetap bisa memblendernya dengan menambahkan sedikit minyak terlebih dahulu sebelum menghaluskannya. Mengapa minyak dan bukan air? Karena minyak dapat menambah rasa dan juga sebagai bahan pengawet alami.

     3. Memarkan bumbu mentah

Selain itu, ternyata ada trik lain yaitu dengan cara mememarkan bahan bumbu mentah. Alasannya adalah dengan mememarkan bumbu, dapat mengeluarkan aroma dan minyak atsiri dari bahan-bahan tersebut. Minyak alami yang keluar akan membuat  aroma dan rasanya lebih nikmat. Jadi, tidak akan kalah dengan bumbu ulek.

Siap mencoba trik tersebut di dapur nanti, B’timers? (no)

Share This Article