Bukan Pancake Biasa, Negara Ini Punya Yang Unik! | Breaktime
Bukan Pancake Biasa, Negara Ini Punya Yang Unik!
12.09.2017

Pancake merupakan satu jenis makanan yang telah dikenal masyarakat sejak dulu. Pancake sering dijadikan hidangan untuk sarapan, karena mengandung karbohidrat dan protein. Pancake sendiri identik dengan topping yang manis. Tetapi, ada juga pancake yang dikonsumsi untuk menu diet. Perbedaan utama adalah dari bahan-bahan yang digunakan. Jelas untuk konsumsi diet, bahan hingga topping yang digunakan lebih menyehatkan dan gluten-free.

Selama yang kita tahu, bentuk pancake adalah bulat dan mengembang. Namun, pada kenyataannya setiap negara di dunia memiliki jenis pancake yang berbeda. Menariknya lagi, topping dan bentuk pancake-nya berbeda. Penasaran, kan? Cari tahu selengkapnya, yuk.

Bukan Pancake Biasa, Negara Ini Punya Yang Unik! | Breaktime
Blini Pancake

Baca juga : http://breaktime.co.id/culinary/recipes/buat-dessert-manis-pancake-lemon-ricotta.html

Amerika

Benua yang satu ini punya pancake klasik yang disajikan hangat dengan sirup maple, mentega, whipped cream, atau gula bubuk. Cara ini sangat umum dan memang menjadi ciri khas pancake seperti yang selama ini kita ketahui. Pancake klasik Amerika dibuat dari adonan yang mengandung baking powder agar bentuknya bisa mengembang dan lebih tebal. Pancake Amerika dijadikan menu go to breakfast dengan topping yang manis dan diberi garnish blueberry atau choco chips.

Eropa

Kalau Eropa, memiliki jenis pancake yang lebih beraneka ragam. Setiap negaranya memiliki ciri khas yang berbeda.

  • Crepes

Jenis pancake ini sangat tipis. Anda bisa menemuinya di Perancis, Belgia, dan Swiss. Crepes dibuat dengan topping yang manis seperti nutella, selai buah, coklat, dan banyak lainnya. Tak hanya manis, crepes juga disajikan dengan rasa yang gurih dengan topping ham, keju, telur, atau daging. Crepes disajikan dengan bentuk yang dilipat kerucut.

  • Blini

Kalau yang ini merupakan pancake versi Rusia yang punya bentuk tipis. Pancake Rusia ini dianggap sebagai simbol matahari pada masa pra-Kristen dan hingga sekarang masih dimakan saat acara-acara keagamaan saja. Blini biasanya dimakan dengan krim asam, mentega, atau kaviar.

  • Dutch Baby

Meski namanya Dutch Baby, pancake ini sebenarnya berasal dari Jerman. Hidangan manis ini dibuat dengan telur, tepung terigu, gula, dan susu. Kemudian dipanggang di oven hingga mengembang dan berwarna keemasan. Setelah itu ditaburi dengan gula bubuk, kayu manis, selai, atau lemon.

Bukan Pancake Biasa, Negara Ini Punya Yang Unik! | Breaktime
Dutch Baby Pancake
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Kompor Ajaib, Buat Hidangan Lebih Cepat!
  • Potatao Pancakes

Tepung nyatanya bukan satu-satunya bahan dasar membuat pancake. Seperti yang satu ini, terbuat dari adonan kentang parut yang dicampur dengan sedikit tepung dan telur. Panekuk kentang ini disajikan dengan saus apel atau krim asam sebagai cocolan. Pancake ini kebanyakan ditemui di Eropa Timur.

  • Tiganite

Jenis pancake yang ini bisa diicip ketika Anda pergi ke Yunani. Pancake ini berbentuk lebih kecil dan lebih krispi. Biasanya mereka disajikan dengan madu, kacang-kacangan, atau buah kering.

Afrika

Kalau Afrika punya satu jenis pancake yaitu Injera. Makanan ini bisa ditemui di Ethiopia dan Eritrea. Hidangan bundar ini terbuat dari tepung teff (sejenis rumput) yang dimasak di atas wajan tanah liat besar. Menu ini menjadi hidangan pokok yang disajikan dengan daging dan sayuran rebus di dua negara tersebut.

Asia

Sama halnya dengan Eropa, Asia juga punya banyak jenis panekuk dari berbagai negara yang ada di wilayah benua ini.

  • Dosa

Ini adalah panekuk versi India yang biasa dimakan saat sarapan. Terbuat dari fermentasi nasi basah dan urad dal (mirip lentil). Bentuknya sama tipis dengan crepes, hanya saja Dosa memiliki hasil yang lebih segar. Panekuk gurih ini biasanya dihidangkan dengan sambar dan chutney. Sambar sendiri sejenis sup sayur dengan kaldu asam.

Bukan Pancake Biasa, Negara Ini Punya Yang Unik! | Breaktime
Dosa Pancake
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siapa Sangka Makanan Sehat Ini Membahayakan!
  • Bing

Nah, kalau yang satu ini berasal dari China. Terbuat dari tepung terigu yang dimasak di wajan. Bing ternyata termasuk dalam jajaran street food China. Bing memiliki isian daging, bebek, babi, kemudian digoreng dengan daun bawang dan dicocol dengan saus hoisin.

  • Jeon

Korea juga punya panekuk sendiri yaitu Jeon. Dibuat dengan mencampur daging, seafood atau sayur ke dalam frying-pan. Jeon dimakan sebagai makanan pembuka dan juga lauk. Jeon yang populer biasanya dibuat dengan kimchi dan bawang bombay.

Nah, itulah beberapa jenis pancake dari seluruh dunia dengan bahan dan cara penyajian yang unik. Kalau B’timers sendiri ingin mencoba yang mana, nih? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE