Bukan Masakan Udang, Tapi Harga Selangit! | Breaktime
Bukan Masakan Udang, Tapi Harga Selangit!
14.08.2017

Siapa sih yang nggak suka dengan masakan udang? Meski ada beberapa orang yang mengalami alergi saat makan udang, tetap saja citarasa olahannya nggak ada yang bisa nolak. Di berbagai penjuru dunia, udang dijadikan bahan berbagai olahan makanan. Kreasi masakan udang sudah tidak terhitung lagi. Mulai dari udang goreng saus mentega, udang asam manis, tahu isi udang, dan banyak lainnya.

Meski olahan udang sudah sangat banyak dan sering dipakai oleh Moms di rumah, tapi apakah Anda tahu jenis-jenis udang? Mungkin tidak banyak yang tahu. Bahkan yang mengejutkan adalah udang hias dengan harga yang sangat fantastis. Penasaran dengan semua informasinya? Simak ulasannya sama-sama yuk!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Kepikiran Menggunakan Sendok Untuk Ini?

Udang Karang/Lobster

Dari semua jenis udang, lobster ini memiliki cangkang yang paling keras. Bentuk kepalanya pun juga sangat keras. Ukurannya menjadi yang paling besar di antara yang lain. Nggak heran juga jika lobster dijual dengan harga yang cukup mahal, karena beratnya pun bisa mencapai 2kg. Lobster juga banyak dimasak dan identik dengan hidangan mewah di restoran. Cara mengolahnya pun juga beragam, seperti dibakar, digoreng, dipanggang, atau ditumis dengan bumbu pedas.

Udang Galah

Kalau udang yang satu ini adalah udang air tawar yang bentuknya agak bulat dan berwarna hijau kecoklatan, hijau kebiruan, atau kuning kecoklatan. Udang galah punya capit yang sangat panjang dengan kepala berukuran besar. Udang galah ini biasanya dijadikan bahan utama dalam resep, misalnya sajian udang panggang.

Udang Pancet/Tiger Shrimp

Udang Pancet memiliki kulit yang tebal dan keras. Biasanya berwarna hijau kebiruan dengan garis melintang berwarna gelap. Udang ini biasanya digunakan dalam menu resep udang bakar, goreng, serta rebus. Nah, kalau udang ini bisa disajikan dengan menu pendamping lainnya.

Bukan Masakan Udang, Tapi Harga Selangit! | Breaktime
Udang hias black kingkong
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Membongkar Manfaat Kulit Udang yang Menakjubkan!

Udang Dogol

Jenis udang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan warnanya pun merah muda. Nggak heran kalau udang ini sering juga disebut dengan pink shrimp. Untuk menyajikan udang dogol tidak sulit, karena Moms hanya perlu menggorengnya dan sajikan. Masakan udang sederhana namun menggoda bisa disantap bersama keluarga, deh.

Udang Jerbung

Udang Jerbung ini sering juga disebut dengan udang putih. Kalau udang yang satu ini nggak cocok untuk sajian yang dibakar, karena kulitnya tipis dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Moms bisa menyajikan udang ini sebagai bahan pendamping sajian seperti untuk nasi goreng atau mie goreng.

Udang Hias Black King Kong

Dari namanya saja sudah jelas bahwa udang yang satu ini tidak untuk dimasak, lho B’timers. Udang hias Black King Kong ini punya warna yang sangat unik, yaitu hitam dan ada garis putihnya. Pemeliharaannya pun juga tidak mudah, nggak heran kalau udang ini sangat langka didapatkan. Perawatannya khusus dan harus berkualitas. Khususnya saat sang betina akan melahirkan anaknya harus dibisahkan dengan sang jantan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Makanan Simple Dengan Udang Bikin Nendang!

Bahkan suhu air perawatan udang hias ini juga harus sangat diperhatikan. Suhu harus dijaga antara 64 sd 68. ph harus dibawah 6,8. KH harus dipertahankan sekitar 0-1 dengan elemen yang disediakan oleh batuan mineral, GH harus berada di bawah 4. Untuk makanannya juga cenderung pemilih, namun biasanya bayam dan pakan udang kelas tinggi. Harga jual udang jenis ini mencapai Rp 90 juta, lho! Fantastis, kan?

Nah, itu tadi Moms beberapa informasi tentang jenis udang yang mungkin belum banyak yang tahu dan sulit untuk dibedakan. Berbicara tentang udang, Anda pasti langsung terpikir membuat masakan udang untuk santap keluarga, kan? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE