Bukan Kolak Biasa, Kolak Ini ada di Indonesia! | Breaktime
Bukan Kolak Biasa, Kolak Ini ada di Indonesia!
11.05.2018

Kolak, kudapan yang biasanya banyak ditemukan pada saat bulan Ramadan ini udah jadi menu favorit berbuka puasa orang Indonesia. Tapi pernah nggak kebayang menu Kolak dengan varian yang nggak itu-itu aja? Intip dulu, yuk!

Kolak Ayam

Salah satu isian dari kolak yang dijual di pasaran adalah berbahan dasar Pisang. Tapi kolak yang satu ini bakalan bikin kamu yang belum pernah coba jadi heran sendiri. Yap! Kolak Ayam. Berasal dari desa Gumeno di Gresik, Jawa Timur, Kolak ini jadi menu khas yang cuma dimasak pada hari ke-22 Ramadan aja. Selain itu, yang boleh masak hidangan ini Cuma kaum adam! Kolak ini tentu berbahan dasar daging Ayam yang dimasak dengan kuah santan, berbumbu Garam, Jinten, Daun Bawang, Gula Jawa dan dicampur dengan Beras Ketan.

Kolak Aceh

Sudah pasti berasal dari Aceh, Kolak ini punya nama lain Bulukan Kuah Tuhe. Saat kamu lihat pertama kali, kamu aka lihat kuah kolak ini kuahnya putih pucat. Hal ini karena biasanya Kolak dibuat dari Gula Jawa, namun untuk Kolak ini sendiri Gula yang digunakan adalah Gula Pasir. Bahan dasarnya ada Nangka, Pisang Raja, Gula Pasir, Daun Pandan dan tentunya, Santan untuk kuah.

Kolak Minang

Kolak yang biasa disebut dengan nama Bubur Kampiun ini lumayan banyak yang tahu. Gimana nggak, daerahnya punya kekayaan kuliner yang luar biasa! Jadi, kalau kamu suka makanan khas Minang, kamu bisa jadi familiar dengan Kolak ini. Berisi Pisang, Kolak ini bisa dicampur dengan Bubur Candil atau juga Bubur Sumsum. Ada juga nih yang menambahkan campuran lezat lainnya, yaitu Ketan Hitam. Lalu di beberapa daerah lain lagi olahannya, bisa ditambah dengan Lupis atau juga Bubur Delima.

Kolak Dingin

Kalau kamu suka mencicipi kuliner khas Medan, kamu bisa jadi nggak asing sama Kolak Dingin yang satu ini. Selain Pisang, campuran potongan Roti Tawar ataupun Tape Ketan bisa menambah keriaan dari isian Kolak ini. Berkuah santan dan disajikan dengan cara kuahnya disiram, membaut dahaga saat seharian puasa jadi terobati! Apalagi batu es yang bikin Kolak ini banyak diburu untuk menu buka puasa. Sungguh, super sedap ya, guys.

Semoga wawasan kamu makin bertambah dengan kekayaan kuliner Indonesia. Kalau susah menemukannya, kamu juga bisa temukan berbagai resep kolak di atas lewat mesin pencarian Google :)

 


artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE