Ternyata Minyak Goreng Banyak Jenisnya, Lho! | Breaktime
B’timers, Ternyata Minyak Goreng Banyak Jenisnya, Lho!
17.11.2015

B'timers hobi mencicipi dan memasak aneka gorengan? Pasti sudah tidak asing dengan minyak goreng, bukan? Ya, bahan satu ini memang wajib ada kalau Anda mengolah masakan dengan cara digoreng. Selama ini, minyak goreng umumnya terbuat dari kelapa sawit. Namun tahukah Anda kalau masih banyak jenis minyak goreng lainnya seperti berikut ini?

1. Minyak zaitun

Pohon zaitun memmiliki buah yang berwarna hijau saat mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan saat mulai matang. Dari buah itulah minyak zaitun berasal. Manfaat dari minyak zaitun cukup banyak B'timers, salah satunya adalah menjaga dan memperbaiki kondisi kulit.

2. Minyak jagung

Minya ini didapat melalui proses ekstraksi atau pemerasan dari biji jagung pilihan. Warna dari minyak ini sedikit kekuningan dan biasanya digunakan untuk sabun serta pelumas mesin. Sifat dari minyak ini adalah tahan panas karena ia akan mengeluarkan asap saat suhu sudah mencapai 204o C. Selain bagus untuk masakan, kandungan kolesterol jahatnya juga sedikit.

Ternyata Minyak Goreng Banyak Jenisnya, Lho! | Breaktime
Minyak jagung cukup sehat karena rendah kolesterol jahat

3. Minyak Canola

Diambil dari hasil ekstraksi sayur-sayuran seperti lobak, kubis, dan rutabaga, minyak ini baik untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh. Bagi orang yang mengalami penyumbatan darah, sangat dianjurkan untuk mengkounsmsi makanan yang diolah dengan minyak ini karena kandungan kolesterol baiknya cukup besar.

4. Minyak biji bunga matahari

Berwarna jernih dan hampir seperti air putih adalah ciri khas dari minyak biji bunga matahari. Minyak ini juga mengandung lemak jahat yang sedikit, jadi sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam masa penyembuhan penyakit jantung.

Itulah beberapa contoh minyak goreng berdasarkan bahan bakunya. Tertarik mencoba jenis minyak lainnya, B,timers? (wsu)

Share This Article