5 Jenis Tepung dan Kegunaannya | Breaktime
B’timers, Ketahui 5 Jenis Tepung dan Kegunaannya
26.12.2015

Anda pernah membuat kue atau roti, B’timers? Kalau pernah, tepung apa yang Anda gunakan? Pertanyaan ini mungkin saja membuat beberapa dari Anda mengerutkan dahi. Pasalnya, selama ini diketahui bahwa bahan dasar membuat kue atau roti cukup menggunakan tepung terigu.

Namun, jangan salah, B’timers. Ternyata ada beberapa jenis tepung khusus dan kegunaannya dalam membuat adonan. Daripada penasaran, langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

Tepung All-Purpose (Tepung Putih)

Tepung all-purpose atau tepung putih ini adalah tepung yang paling umum digunakan untuk segala macam adonan. Tepung jenis ini terbuat dari campuran gandum lunak dan keras, dan dapat digunakan dalam sejumlah produk makanan panggang. Tepung ini merupakan sumber beberapa vitamin B seperti thiamin, niacin, riboflavin, dan asam folat serta zat besi.

Bread Flour (Tepung Roti)

Tepung roti sangat mirip dengan tepung putih. Perbedaannya hanya terletak pada teksturnya yang lebih kasar dari pada tepung putih. Tepung ini memiliki protein lebih banyak jika dibandingkan dengan tepung putih. Biasanya tepung jenis ini digunakan sebagai bahan dasar untuk roti-roti yang dipasarkan secara luas.

5 Jenis Tepung dan Kegunaannya | Breaktime
Setiap jenis tepung memiliki kegunaan yang berbeda

Cake Flour (Tepung Kue)

Tepung kue atau cake flour adalah tepung dari gandum lunak yang digiling dengan sangat halus. Saking halusnya, tepung ini sangat cocok untuk segala jenis kue panggang, cookies atau biscuit. Tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan protein yang rendah. Sehingga, segala jenis kue yang dibuat dengan tepung jenis ini akan menghasilkan teksture yang halus dan lembut.

Pastry Flour (Tepung pastri)

Tepung pastri terbuat dari gandum lunak dan umumnya lebih halus tepung putih. Seperti namanya, tepung ini yang biasanya digunakan untuk segala macam olahan kue berjenis pastri. Tepung pastri juga dapat digunakan sebagai bahan dasar makanan seperti kerupuk, cracker, kue dan cookies. Tepung pastri memiliki kandungan protein yang lebih besar dan karbohidrat yang lebih kecil daripada tepung kue.

Tepung oat

Tepung oat atau tepung gandum adalah tepung yang bebas dari kandungan gluten. Artisan atau tukang membuat roti mungkin ingin menyesuaikan resep mereka dalam bentuk. Karena bebas gluten, tepung gandum kadang-kadang menghasilkan roti atau kue yang rapuh untuk panggang. Tukang roti berpengalaman menyiasati masalah ini dengan menambahkan lebih banyak bahan cair sebagai pengganti glutennya. Tepung oat menjadi bahan dasar pilihan untuk mereka yang sedang menjalankan program diet makanan.

Nah, bagaimana, B’timers? Anda kini tahu beberapa jenis tepung yang digunakan untuk beberapa jenis kue. Jika ingin membuat kue tertentu, Anda sekarang bisa menggunakan tepung yang tepat. Selamat berkreasi! (nap)

Share This Article