Jangan Biarkan Makanan Sisa di Dapur Anda! | Breaktime
B’timers, Jangan Biarkan Ada Makanan Sisa di Dapur Anda!
07.10.2015

Makanan yang terbuang sia-sia tentunya sangat disayangkan ya, B’timers. Padahal, di luar sana masih banyak orang yang belum bisa menikmati berbagai kelezatan makanan seperti yang kita rasakan selama ini. Untuk menghindari ‘kemubaziran’ ini, ada kiat-kiat cerdik yang bisa Anda lakukan, seperti berikut ini:

Beli dalam jumlah yang tepat

Catat kebutuhan makanan sehingga Anda tak membeli secara berlebihan
Catat kebutuhan makanan sehingga Anda tak membeli secara berlebihan

Banyak orang membeli bahan makanan dalam jumlah berlebih dengan alasan untuk berjaga-jaga. Hal ini tentu saja sah dilakukan apabila makanan yang Anda beli bisa tahan lama. Namun jika makanan yang Anda beli mudah basi, tentunya jika kelebihan tersebut tidak dikonsumsi akan dibuang, kan? Untuk menghindari hal ini, belilah makanan sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan barang yang terlebih dahulu dibeli

Terapkan, beli terlebih dahulu gunakan terlebih dahulu juga
Terapkan, beli terlebih dahulu gunakan terlebih dahulu juga

Salah satu penyebab banyak makanan terbuang sia-sia adalah kebiasaan mengolah bahan yang baru saja dibeli padahal masih banyak bahan lama yang disimpan. Letakkan bahan yang terlebih dahulu dibeli di urutan terdepan dalam lemari ataupun kulkas agar Anda bisa menjangkaunya kapan saja. Dan jangan lupa untuk selalu mengecek expired date dari bahan yang akan dimasak.

Habiskan terlebih dahulu makanan jadi yang ada di kulkas

Ada makanan sisa di dalam kulkas? Segera habiskan agar tidak basi
Ada makanan sisa di dalam kulkas? Segera habiskan agar tidak basi

Sebelum memasak atau membeli makanan, pastikan untuk menghabiskan olahan yang tersimpan di dalam kulkas. Makanan jadi yang ada di dalam mesin pendingin Anda tidak akan bertahan lama. Jika tidak ingin menghabiskannya, berikan saja pada mereka yang lebih membutuhkan. Tentunya akan lebih berguna ya, daripada dibuang? Namun pastikan makanan yang Anda berikan tersebut masih layak konsumsi.

Kreatif mengolah bahan sisa

Lakukan inovasi hidangan dengan menggunakan bahan yang ada
Lakukan inovasi hidangan dengan menggunakan bahan yang ada

Jika sudah membeli sayuran dalam jumlah yang banyak, Anda bisa membuat berbagai olahan baru yang kreatif. Contohnya saja yang ada di dalam mesin pendingin adalah sawi dalam jumlah yang cukup banyak. Buat saja sandwich atau burger dengan bahan sawi tersebut. Atau kalau tidak, padukan dengan bahan lainnya, misal dijadikan kimchi ataupun salad yang menggugah selera.

Itulah beberapa langkah cerdas untuk memanfaatkan bahan-bahan makanan yang ada di dalam kulkas Anda agar tidak terbuang sia-sia. Be smart, B’timers!

Share This Article