Daftar Kuliner Singapura Paling Populer dan Terkenal
B’timers, Coba Nikmatnya Kuliner Asal Singapura!
05.09.2015

Makanan Singapura banyak di pengaruhi oleh budaya oriental dan nusantara. Anda juga mungkin akan menemukan beberapa makanan khas Negara Seribu Satu Larangan tersebut di tanah air. Oleh karena itu, Anda wajib membandingkan rasa menu nusantara dan Singapura dengan mencoba jajaran kuliner berikut ini:

Nasi Ayam

Nasi ayam bisa dibilang hidangan paling populer di Singapura. Anda bisa menemukan hidangan nasional ini di kios jajanan, food court, bahkan hotel. Meskipun berasal dari Hainan, China, nasi ayam di Singapura telah berkembang dan dikombinasikan dengan hidangan Kanton. Anda bisa menikmati sepiring nasi berminyak yang wangi dengan sepotong ayam rebus atau kukus dan saus spesial.

Daftar Kuliner Singapura Paling Populer dan Terkenal
Nikmatnya Nasi Ayam khas Singapore

Char Kway Teow

Mie datar yang ditumis dengan, kecap, sambal, kerang, sosis Cina, tauge, daun bawang, udang dan telur ini tidak bisa dipisahkan dari hidangan favorit di Singapura. Nama Char Kway Teow sendiri berasal dari bahasa Cina, yaitu Char berarti goreng, dan Kway Teow berarti mie datar.

Jika digabung Char Kway Teow berarti mie datar yang digoreng. Jalan-jalan ke Singapura tak lengkap jika belum mencoba Char Kway Teow. Namun, bagi B’timers yang beragama muslim agaknya harus berhati-hati karena makanan ini juga diolah dengan menggunakan lemak babi.

Bak Kut Teh

Bak Kut Teh jika diartikan menjadi teh tulang rusuk babi. Makanan yang berasal dari Hokkian, Cina ini berbahan dasar iga babi gemuk yang direbus selama berjam-jam dengan bumbu bawang putih, lada, tanaman obat, dan rempah-rempah. Dulunya, Bak Kut Teh dimanfaatkan sebagai tonik untuk memperkuat tubuh dan kesehatan.

Laksa

Laksa merupakan hidangan asal Cina yang terdiri dari bihun beras dengan bumbu saus kelapa pedas. Bentuknya mirip sup kental yang disajikan bersama kerang udang, tau pok, dan kue ikan. Laksa dengan cita rasa umami merupakan Singapore’s mostly wanted.

Daftar Kuliner Singapura Paling Populer dan Terkenal
Awali hari dengan Kaya Toast dan Telur

Kaya toast

Kaya merupakan selai kelapa yang terbuat dari santan, telur, gula dan daun pandan. Rasanya yang manis gurih dan aromanya yang harum, sangat cocok untuk dipadu dengan selembar roti tawar ketika sarapan. Di Singapura sendiri, kaya merupakan hidangan favorit saat sarapan dan ditemani secangkir kopi serta dua telur setengah matang dengan bubuhan kecap dan merica di atasnya.

Hokkien Mee

Banyak yang bilang Hokkien Mee adalah salah satu hidangan yang menggoda. Makanan satu ini berbahan dasar campuran mie telur tebal dan bihun beras yang dimasak bersama berbagai jenis seafood dan potongan lemak babi.

Hokkien Mee memiliki rasa khas. Umumnya, Hokkien Mee memiliki dua variasi hidangan, yaitu basah dan kering. Pada tipe basah menggunakan bihun tebal, sedangkan pada tipe kering menggunakan bihun tipis.

B’timers mau coba yang mana dulu nih? (dfr)

Share This Article