Berkenalan dengan Aneka Tingkat Kematangan Steak | Breaktime
B’timers, Ayo Berkenalan dengan Aneka Tingkat Kematangan Steak
05.10.2015

B’timers tentu tak asing dengan masakan steak yang biasa dibuat dari bahan daging sapi atau daging ayam. Nah, biasanya saat kita memesan steak, ada berbagai macam pilihan untuk tingkat kematangan daging steak. Mulai dari yang raw atau mentah hingga well done atau benar-benar matang. Untuk mengetahui tingkat kematangan steak, berikut yang perlu Anda tahu:

Raw

Daging yang mentah
Daging yang mentah

Untuk mengetahui seberapa matang steak yang akan Anda makan, Anda bisa berkenalan dengan daging steak yang masih mentah. Belum diproses sama sekali, tekstur daging steak terasa kenyal dan lembut. Lemak di sekitar steak pun terasa lebih keras dibandingkan setelah dimasak.

Rare

Daging yang setengah mentah
Daging yang setengah mentah

Steak yang rare akan terasa hangat di bagian tengah, sedikit terpanggang di bagian luar dan berwarna kecokelatan di sisinya, serta berwarna merah di tengah. Saat disentuh, daging terasa lembut, hampir seperti daging mentah, namun berwarna kecokelatan di permukaannya.

Medium rare

Daging yang agak matang
Daging yang agak matang

Steak yang setengah matang terasa hangat di bagian tengahnya, dan warnanya kemerahan. Namun, sebagian besar steak bagian tengah berwarna merah muda. Sisinya berwarna kecokelatan, sedangkan bagian atas dan bawah berwarna cokelat gelap, menandakan bekas panggangan.

Medium

Daging masih setengah matang
Daging masih setengah matang

Pada steak yang medium akan terlihat guratan pink di bagian tengah, namun warnanya lebih kecokelatan. Sisinya berwarna cokelat gelap yang menandakan bekas panggangan, dengan bagian atas dan bawah berwarna gelap, namun tidak gosong.

Medium well

Daging cukup matang
Daging cukup matang

Steak dengan kematangan medium well akan terlihat berwarna pink di bagian tengah. Permukaan daging steak terlihat cokelat gelap dan tampak merata di sisi bagian atas dan bawah. Steak ini teksturnya cukup keras namun cukup empuk di bagian tengahnya.

Well done

Daging benar-benar matang
Daging benar-benar matang

Inilah steak yang disajikan setelah dimasak hingga benar-benar matang. Saat disentuh, daging steak terasa keras dan padat. Steak ini adalah yang paling sulit proses memasaknya, harus dilakukan dengan suhu panas rendah dan dimasak pelan-pelan. Ini untuk menghindari daging jadi gosong ketika tengah dimasak.

Itulah perbedaan tingkat kematangan daging steak yang mungkin tak banyak diketahui secara detail. Nah, yang manakah favorit B’timers?

Share This Article