Brain Foods untuk Cerdaskan Si Kecil | Breaktime
Brain Foods untuk Cerdaskan Si Kecil
07.03.2015

Secepat gerakan buah hati saat mereka berlarian dan bermain di luar ruangan, secepat itu pula otak mereka tumbuh dan berkembang dengan aktif. Seperti yang disampaikan oleh Drew Ramsey, MD, psikiater sekaligus penulis buku The Happiness Diet, masa di mana anak aktif berkegiatan merupakan tahun yang kritis bagi perkenbangan otak anak. Lebih dari itu, apa yang masuk ke dalam tubuh anak juga akan mempengaruhi fokus serta kemampuan kognitifnya.

Nah, kali ini Breaktime punya 5 makanan super yang akan memberikan energi penuh untuk aktifnya gerak si Kecil sekaligus bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak:

Telur

 

Telur, sumber protein yang mudah diolah
Telur, sumber protein yang mudah diolah

Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti telur (yang juga dilengkapi dengan kolin, omega-3s, zinc, dan lutein) akan membantu meningkatkan daya konsentrasi anak. Anda bisa mengolah telur menjadi beraneka menu, namun ingat untuk tidak menggunakan terlalu banyak minyak dalam proses memasak.

Sayuran hijau

 

Sumber terbaik untuk segala nutrisi penting
Sumber terbaik untuk segala nutrisi penting

Kaya akan folat dan vitamin, bayam dan kale merupakan bagian dari diet sehat yang terkait dengan pencegahan resiko demensia di hari tua nanti. "Kale mengandung sulforaphane, sebuah molekul yang memiliki kemampuan detoksifikasi, dan diindolylmethane, yang membantu pertumbuhan sel otak baru," menurut Ramsey dalam bukunya yang lain, 50 Shades of Kale.

Ikan

Ikan, kaya protein dan pasti rasanya yang lezat disukai anak-anak
Ikan, kaya protein dan pasti rasanya yang lezat disukai anak-anak

Ikan adalah sumber alami vitamin D dan Omega-3 yang mampu melindungi otak dari penurunan kognitif dan hilangnya kemampuan daya ingat. Beberapa jenis ikan yang bisa B’times pilih untuk dijadikan hidangan nikmat bagi buah hati adalah salmon, tuna, dan sarden.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang, mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh
Kacang, mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh

Penuh kandungan protein, asam lemak esensial, dan vitamin serta mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan mood serta menciptakan perasaan bahagia pada anak-anak. Cocok sekali dijadikan campuran kue untuk bekal sekolah si Kecil.

Apel dan plum

Apel dan plum, camilan manis yang sehat
Apel dan plum, camilan manis yang sehat

Anak-anak biasanya gemar mengonsumsi makanan manis, terutama saat mereka merasa lemas dan lesu. Apel dan plum praktis dibawa sebagai bekal dan mengandung quercetin, sejenis antioksidan yang dapat mencegah resiko penurunan kognitif.

Yuk, wujudkan mimpi buah hati dengan mendukung tumbuh kembangnya melalui makanan kaya nutrisi yang diolah menjadi aneka sajian lezat! 

Share This Article