Bothok Tawon Si Ekstrem dan Unik dari Tanah Jawa | Breaktime
Bothok Tawon, Si Ekstrem dan Unik dari Tanah Jawa
05.04.2016

Hai, B’timers. Seumur hidup, makanan unik apa yang pernah Anda makan? Sudah pernah coba bothok tawon, belum? Bothok tawon adalah makanan sejenis pepes dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan menggunakan sarang lebah sebagai bahan dasar. Lebah? Pasti yang terbayang adalah sengatannya. Namun jangan salah, itulah uniknya makanan tradisional Jawa satu ini.

Meski disebut bothok tawon, bukan berarti Anda akan makan lebahnya, B’timers. Bothok tawon hanya menggunakan sarang lebah yang masih muda (larva) karena teksturnya lebih lembut. Anda juga bisa menikmati lebah yang masih “bayi” yang rasanya juga luar biasa gurih. Sebelum dimasak, sarang lebah direbus terlebih dahulu lalu dibumbui dan dicampur dengan parutan kelapa muda. Setelah itu, sarang lebah dibungkus daun pisang dan dikukus seperti membuat bothok pada umumnya.

Bothok Tawon Si Ekstrem dan Unik dari Tanah Jawa | Breaktime
Kelezatan sarang lebah yang melegenda

Yang bikin makan bothok tawon jadi terasa istimewa adalah karena makanan ini sekarang sudah mulai langka. Sulitnya mendapatkan sarang lebah yang masih muda memaksa pembuat bothok tawon mengurangi jumlah produksinya meski selalu dicari oleh banyak orang. Jadi, beruntung sekali ya, mereka yang bisa menikmati kuliner ekstrem dan unik dari Tanah Jawa ini.

Oh ya, B’timers. Bothok tawon memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, lho. Kandungan propolis pada sarang lebah bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti jamur dan virus, meningkatkan kekebalan imun tubuh, anti-tumor, membantu proses penyembuhan diabetes mellitus, memperbaiki saluran pencernaan, memperlancar saluran pernapasan dan lainnya.

Nah, kalau Anda memiliki resep unik dan khas menjadi menu andalan di rumah Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian Anda lewat #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengecek Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article