Pewarna Makanan dari Bahan Alami? Siapa Takut! | Breaktime
Bikin Pewarna Makanan dari Bahan Alami? Siapa Takut!
23.10.2015

Makanan berwarna-warni tentu lebih menggoda dan menggugah selera. Masalahnya, pewarna makanan yang beredar di pasaran seringkali tidak aman jika keseringan di konsumsi. Agar tak was-was, mengapa tak membuat pewarna makanan dari bahan alami seperti buah dan sayuran? bisa Anda lakukan di rumah. Selain lebih aman, pewarna makanan dari sayur dan buah tentu lebih bernutrisi.

Pewarna Makanan dari Bahan Alami? Siapa Takut! | Breaktime
Keluarga buah beri bisa menjadi pewarna makanan alami

Merah

Anda bisa menggunakan semua sayur dan buah bewarna merah, tapi untuk warna merah tanpa rasa, gunakan buah bit. Selain bit, untuk membuat roti anda bisa menggunakan delima atau raspberry. Tak hanya warna merah yang menarik, rasanya pun akan lebih legit dengan cita rasa buah.

Oranye

Untuk mendapatkan warna oranye, wortel adalah yang terbaik. Soal cita rasa, wortel biasanya memberikan sentuhan rasa manis yang tak pekat pada makanan Anda, jadi jangan ragu untuk menambahkan pada makanan manis ataupun asin.

Kuning

Untuk mendapatkan warna kuning, seperti pada nasi kuning, biasanya kita menggunakan kunir. Tapi aroma dan rasa kunir lebih cocok digunakan untuk makanan bercita rasa gurih. Nah, untuk makanan manis, Anda bisa memperoleh warna kuning dari bunga safron.

Pewarna Makanan dari Bahan Alami? Siapa Takut! | Breaktime
Nasi kuning merupakan salah satu makanan dengan pewarna alami

Hijau

Warna hijau terbaik bisa Anda dapatkan dari daun bayam. Bukan hanya warnanya yang menawan, bayam juga sama sekali tak beraroma dan berasa. Selain bayam, cobalah daun pandan hijau. Pandan bisa Anda gunakan untuk makanan bercita rasa asin maupun manis.

Biru dan ungu

Dua warna ini bisa terbilang sulit di dapatkan jika dibanding warna lainnya. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan warna ungu dari buah blueberry dan blackberry. Tapi, Anda juga bisa menggunakan kubis ungu.

Baca juga: JENIS-JENIS GULA YANG BIKIN MAKANAN LEZAT ALA CHEF

Anda bisa merebus kubis ungu hingga warnanya pekat untuk mendapatkan warna ungu. Sedangkan untuk pewarna biru, tambahkan sedikit baking soda pada warna ungu tersebut. Warna yang cantik bukan?

Jika kubis direbus, pewarna alami lainnya bisa Anda peroleh dengan cara membuatnya menjadi jus, kemudian menyaringnya menggunakan saringan halus. Selamat mencoba pewarna makanan secara alami dari sayur dan buah, B’timers!

Share This Article