Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok! | Breaktime
Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok!
22.11.2015

Pasta merupakan salah satu makanan tradisional khas Italia yang banyak digemari di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tersendiri. Sebab jika pasta terlalu lama direbus, maka akan menjadi lembek. Tapi jika kurang merebusnya, maka pasta akan terlalu keras dan masih terasa tepungnya. Bagi B’timers yang ingin mencobanya di rumah, berikut tips untuk membuat pasta agar tekstur dan kekenyalannya pas:

Takaran air rebusan yang pas

Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok! | Breaktime
Ukur air yang pas agar tidak terlalu banyak atau malah kurang

Salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan saat memasak pasta adalah ukuran airnya. Untuk 500 gram pasta, gunakan air untuk merebusnya kurang lebih 4 liter. Sedangkan untuk 250 gram pasta, gunakan air sekitar 2 liter saja. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak dan juga garam agar pasta tidak lengket dengan panci.

Pastikan air mendidih sebelum pasta dimasukkan

Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok! | Breaktime
Didihkan air terlebih dahulu untuk merebus pasta agar didapatkan kekenyalan yang pas

Tips selanjutnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah untuk mendidihkan air terlebih dahulu kemudian baru masukkan pasta. Cara ini dilakukan agar pasta yang Anda maska bisa matang sempurna dan tidak lembek pada beberapa bagian saja.

Jangan menutup pancinya karena pasta bisa terlalu lembek. Untuk pasta yang pendek, masukkan saja secara langsung ke dalam panci setelah airnya mendidih. Namun  jika menggunakan pasta yang panjang, masukkan secara perlahan-lahan dari ujung dan biarkan empuk dan angkat.

Pasta mengapung berarti sudah matang

Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok! | Breaktime
Ketika pasta sudah mengapung segera angkat dan sajikan

Terkadang, karena dirasa sudah terlalu lama, pasta yang belum matangpun diangkat. Salah satu ciri pasta yang sudah matang dan siap dicampur dengan berbagai bumbu adalah pasta dalam kondisi mengapung. Pada saat dimasak, aduklah sesekali agar pasta tidak menempel satu sama lain. Angkat jika dirasa sudah matang, jangan terlalu lama dimasak nanti bisa menyebabkan teksturnya menjadi sangat lembek.

Baca juga: 8 PASTA UNIK YANG BELUM LAZIM DI INDONESIA

Jangan didiamkan, sajikan segera

Bikin Pasta yang Al Dente Itu Mudah, Kok! | Breaktime
Setelah pasta matang sajikans segera mungkin agar tekstur tidak berubah

Setelah pasta matang sempurna, jangan didiamkan terlebih dahulu nanti bisa mempengaruhi tekstur dan kelezatannya. Segeralah hidangkan dan makanlah agar pasta tetap lezat dalam kondisi yang masih hangat. Sajikan dengan saus yang paling Anda gemari.

Untuk dapatkan tekstur pasta yang diinginkan, jangan lupa untuk melakukan 4 tips di atas ya. Happy cooking, B’timers. (ya)

Share This Article