Berikut Street Food Terbaik dari Seluruh Dunia | Breaktime
Berikut Street Food Terbaik dari Seluruh Dunia
02.02.2016

Street food merupakan jantung dan jiwa dari kuliner internasional. Cara penyajiannya yang cukup sederhana, menggunakan piring kertas dan dimakan sambil berdiri tidak mengurangi kenikmatan jajanan ini. Anda pun dapat dengan mudah menemukannya di sekitar jalan utama, tanpa perlu berkendara ke restaurant ketika perut keroncongan.

Bahkan street food bisa menjadi satu kebanggaan nasional dari suatu negara, lho! Karena setiap kota di seluruh dunia pasti memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Penasaran dengan apa saja sih, street food terbaik dari seluruh dunia, B’timers? Simak daftar berikut, yuk!

Bakso, Indonesia

Presiden Barrack Obama sudah menyatakan cintanya pada bakso saat kunjungannya ke Indonesia. Artinya kuliner Indonesia yang diadaptasi dari Tiongkok ini memang tidak kalah dengan cita rasa internasional.

Adonan daging sapi dihidangkan dengan kuah kaldu, ditambahkan mie, rajangan daun seledri dan daun bawang serta taburan bawang goreng. Hmm, bakso hangat, memang sangat cocok sebagai teman di hari hujan gerimis, ya, B’timers?

Berikut Street Food Terbaik dari Seluruh Dunia | Breaktime
Tren food truck di Indonesia

Chicken Rice, Singapore

Dikenal juga sebagai Hainanese rice, resep aslinya diperkirakan datang dari Pulau Hainan, Tiongkok. Nasi ayam merupakan hidangan tidak resmi dari Singapura, mengingat negara ini menjadi salah satu negara yang multicultural. Jadi jangan heran jika Anda menemukan makanan dari negara lain di sini.

Anda tidak akan mendapatkan menu mewah dalam makanan ini, B’timers. Hanya akan ada nasi yang ditaburi potongan ayam rebus saja. Tapi cara memasak ayam yang menggunakan kaldu gingery ini yang membuat rasa juicy daging tersebut tidak terkalahkan.

Currywurst, Germany

Currywurst adalah makanan khas Jerman yang sangat sempurna dipadukan dengan bir. Potongan sosis babi dengan saus tomat yang dibumbui dengan curry powder, biasanya disajikan menggunakan piring plastik atau kertas.

Sosis tradisional Jerman ini dihidangkan dengan kentang goreng dan mayones. Jajanan sederhana ini cukup terkenal, bahkan banyak turis yang mengaku liburan ke negara ini tidak akan lengkap jika tidak mencicipi currywurst ini.

Gelato, Italy

Tidak ada yang lebih sempurna daripada satu cone creamy gelato untuk menemani jalan-jalan santai menikmati pemandangan indah kota tua di Roma saat petang hari. Bangsa Itali memang sangat serius dalam membuat es krimnya.

Gelato bisa dibedakan menjadi yang rendah lemak dan tekstur yang sangat lembut. Anda bisa memesan rasa klasik, yaitu pistachio dan stracciatella. Namun jangan terkejut saat Anda melihat daftar harga di food truck di sana, ya?

Berikut Street Food Terbaik dari Seluruh Dunia | Breaktime
Tekstur gelato khas Italia tidak dapat dilupakan

Falafel, Israel

Bola kacang yang digoreng hingga keemasan ini sudah menjadi streed food terbaik yang tersebar ke banyak jalanan di dunia. Mulai dari Paris sampai ke New York City. Sajian ini bisa Anda dapatkan mulai siang hingga malam hari.

Falafel sebenarnya berasal dari Mesir, sebelum akhirnya diadopsi Israel sebagai makanan nasional. Makanan klasik ini terbuat dari kacang tanah yang dibumbui jintan, ketumbar, paprika, bawang putih dan merah, tak ketinggalan peterseli segar. Dengan topping saus tahini ditambah salad tomat dan mentimun cincang, membuat kesegarannya tiada dua!

Nah, dari beberapa street food terbaik tadi, mana yang paling menggugah selera Anda, B’timers? (NO)

Share This Article