Berbagai Fakta Unik Masakan Padang, Sudah Tahu? | Breaktime
Berbagai Fakta Unik Masakan Padang, Sudah Tahu?
30.08.2017

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan kulinernya yang beragam. Berbagai citarasaka masakan khas Nusantara tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu kuliner yang paling terkenal di Indonesia ialah masakan Padang. Tak hanya populer di daerah Sumatera Barat saja, masakan Padang telah banyak dikenal di berbagai daerah di Indonesia karena banyak restoran Padang yang dibuka di setiap kota. Meski telah familiar dengan beragam menu dan sajian khas masakan Padang, tahukah B’timers mengenai beberapa fakta unik terkait masakan Padang berikut ini?

Banyaknya rumah makan Padang di berbagai kota-kota besar di Indonesia seakan makin menguatkan pamor masakan Padang sebagai salah satu kuliner favorit khas Nusantara. Menu yang beragam tetaplah tak jauh beda dari pakem khas masakan Padang. Hanya saja, pernahkah B’timers menyadari bahwa nasi Padang yang dibungkus dan dibawa pulang pasti memiliki porsi yang lebih besar. Mengapa demikian?

Porsi nasi Padang yang lebih banyak saat dibawa pulang rupanya sudah menjadi semacam aturan tak tertulis di setiap cabang rumah makan Padang. Sudah jadi kebiasaan warga Minang yang selanjutnya juga diterapkan di setiap rumah makan Padang di berbagai daerah di penjuru Nusantara bahwa nasi Padang yang dibungkus biasanya tidak akan dimakan sendiri. Meski hanya memesan satu jenis lauk saja, pelayan resto Padang biasanya akan memberi bonus berupa kuah kari, sayur nangka, atau daun singkong rebus, dan terutama nasi ekstra. Nasi Padang yang dibungkus biasanya memiliki patokan berupa sebanyak sekian centong nasi agar bungkusan lebih mudah dibentuk secara estetis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbongkar, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

Keunikan lainnya yang hanya terdapat di warung masakan Padang ialah cara pelayan dalam menyajikan hidangan. Jika B’timers perhatikan dengan teliti, resto Padang yang dikelola oleh keturunan Padang asli biasanya terdapat pelayan yang nampak “bermanuver” dengan bertumpuk-tumpuk piring ebrisi lauk di lengan kirinya. Keahlian otentik yang wajib dimiliki setiap pelayan di rumah makan Padang ini mengharuskan pelayan untuk mampu membawa 3-5 piring lauk sekaligus. Tradisi tersebut rupanya ditujukan agar tidak perlu bolak-balik dalam mengantarkan aneka jenis masakan yang berbeda dan dapat menyajikan banyak jenis makanan dalam waktu singkat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Percaya Atau Tidak, Gula Bisa Pengaruhi Mood?

Selanjutnya, B’timers dapat memperhatikan bahwa di Sumatera Barat sendiri rupanya tidak ada restoran khusus sebagai rumah makan Padang. Berbeda dengan resto Padang di luar daerah aslinya yang butuh penamaan, di Sumatera Barat sendiri orang tidak perlu melihat papan nama bertuliskan restoran Padang untuk tahu bahwa rumah makan tersebut khusus menjual masakan Padang. Selain itu, di luar Sumatera Barat, setiap restoran padang hanya menyajikan makanan standar khas masakan Padang, berbeda dengan di Sumatera Barat sendiri, restoran Padang biasanya akan memiliki spesifikasi menu sendiri, alih-alih menjajakan aneka menu masakan Padang seperti yang ada biasanya. Sebagai contoh, Anda akan dengan mudah menemukan restoran dengan menu khusus gulai seperti di daerah Bungus atau di restoran Lamun Ombak. Untuk sajian spesia ayam goreng, B’timers dapat mampir ke restoran Pagi-Sore di daerah Pecin. Daerah Solok sendiri terkenal memiliki spesialisasi berupa menu Dendeng Baracik. 

Berbagai Fakta Unik Masakan Padang, Sudah Tahu? | Breaktime
Rendang sebagai salah satu menu favorit di berbagai rumah makan Padang

Terakhir, terdapat rendang yang selalu jadi incaran para pengunjung rumah makan Padang. Kelembutan daging berpadu dengan pedasnya rempah khas masakan Padang pada rendang membuatnya senantiasa mengugah selera dan jadi andalan kuliner Padang. Tak hanya di Indonesia, baru-baru ini rendang bahkan ditahbiskan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Salah satu jenis masakan Padang tersebut tak hanya menjadi kebanggaan seluruh warga Indonesia, tapi juga penduduk Sumatera Barat pada khususnya. Rendang rupanya telah memiliki keistimewaan tersendiri bahkan sejak di tanah kelahirannya. Di Sumatera Barat, terdapat suatu tradisi bernama Makan Bajamba yang secara harfiah berarti “makan bersama”.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pencinta Resto Padang pasti Tak Tahu Menu Ini

Makan Bajamba biasanya merupakan bagian dari acara adat, seperti pernikahan ataupun upacara mengangkat penghulu. Dalam acara adat tersebut, para tamu akan diajak makan bersama dengan menu yang tentunya disajikan secara tradisional. Dalam Makan Bajamba, biasanya terdapat satu menu khusus sebagai hidangan pembuka, seperti gulai kepala kambing. Rendang yang harus dimasak dengan waktu cukup lama dan penuh kesabaran pun biasanya menjadi menu utama yang disajikan dalam acara adat. Karena itu, rendang yang dulunya berasal dari daging kerbau ini selalu mendapatkan posisi istimewa di hati tiap warga Sumatera Barat, hingga tercermin di berbagai resto Padang di luar Sumatera Barat. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE