Coba 2 Menu yang Terbuat dari Kotoran Manusia ? | Breaktime
Berani Cicipi 2 Jenis Makanan yang Terbuat dari Kotoran Manusia Ini?
06.10.2015

Menjadikan tinja atau kotoran manusia menjadi pupuk, mungkin sudah umum. Menjadikan kotoran tersebut sebagai bahan bakar, itu pun mungkin juga tidak asing lagi . Tapi bagaimana jika tinja manusia dijadikan makanan? Nah, itu yang anti-mainstream.

Mungkin B’timers akan sedikit mengerenyitkan dahi karena menjadi satu hal yang aneh bahkan menjijikkan dan cenderung jorok untuk membuat atau bahkan makan makanan yang berasal dari kotoran manusia.

Eits, tapi bener, lho. Setidaknya sampai sekarang ini sudah ada 2 jenis makanan yang sumber atau bahan dasarnya terbuat dari tinja. Berikut informasinya:

Daging tiruan dari tinja

Menurut pembuatnya, makanan dari tinja manusia ini menjadi solusi untuk mencegah ‘limbah’ manusia menumpuk
Menurut pembuatnya, makanan dari tinja manusia ini menjadi solusi untuk mencegah ‘limbah’ manusia menumpuk

Seorang ilmuwan dari Jepang bernama Mitsuyuki Ikeda dari Okayama Laboratory berhasil membuat jenis makanan baru yang berbahan dasar kotoran manusia. Dia melakukan penelitian tersebut karena di Jepang semakin lama semakin kesulitan untuk mengatasi limbah kotoran manusia yang semakin menumpuk.

Dengan permasalahan tersebut, Ikeda mencoba mengekstrak kotoran manusia untuk dijadikan pengganti daging. Menurutnya, di dalam kotoran manusia berisikan banyak sekali protein dan vitamin yang bagus dan bermanfaat bagi tubuh manusia.

Ikeda menjelaskan bahwa tinja manusia mengandung 63% protein, 25% karbohidrat 3% vitamin yang larut dalam lemak dan 9% mineral. Bahkan, Ikeda juga membuat warna dan rasa daging dari kotoran tersebut mirip seperti daging pada umumnya, sehingga sulit untuk membedakan antara yang asli dan yang terbuat dari tinja.

Makanan untuk astronot dari kotoran manusia

Pembuatan makanan ini adalah dengan memanfaatkan bioprocessing di level molecular
Pembuatan makanan ini adalah dengan memanfaatkan bioprocessing di level molecular

Dikarenakan limbah kotoran para astronot yang tidak mungkin untuk dibawa kembali ke bumi dan juga untuk mengatasi keterbatasan sumber makanan bagi mereka yang bertugas di luar angkasa, sekelompok ilmuwan dari Clemson University, California, Amerika Serikat, berhasil menyelesaikan sebuah penelitian 'nyeleneh'. Para peneliti ini menghasilkan  jenis makanan baru untuk para astronot yang terbuat dari kotoran manusia yang disebut Synthetic Biology for Recycling Human Waste into Food, Nutraceuticals, and Materials: Closing the Loop for Long-Term Space Travel.

Walaupun terlihat menjijikkan, akan tetapi para peneliti tersebut berhasil mendapatkan penghargaan dari NASA karena penelitian mereka dianggap sebagai salah satu terobosan dan solusi baru untuk mengatasi keterbatasan stok makanan bagi para astronot yang menjalankan misi antariksa jangka panjang.

Walaupun merupakan terobosan atau juga penemuan baru yang sangat menjanjikan untuk masa depan sekaligus solusi tepat untuk mengatasi masalah limbah kotoran manusia, akan tetapi apakah B’timers mau mengonsumsi makanan dari tinja tersebut di kemudian hari.

Share This Article