Benarkah Mie Instan Mengandung Lilin Pemicu Kanker? | Breaktime
Benarkah Mie Instan Mengandung Lilin Pemicu Kanker?
02.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



Saat memasak kuah mie instan, pasti B’timers bertanya-tanya apa sih yang menyebabkannya terlihat begitu keruh? Sejumlah rumor pun berkembang bahwa konon ada zat lilin yang digunakan dalam proses pembuatan mie instan. Oleh karena itu, B’timers disarankan untuk selalu membuang air rebusan mi instan pertama untuk menghindari penyakit kanker. Well, benarkah demikian?

Astri Kurniati, S.T, MappSc, selaku pihak manager Nutrition and Health Science dari Nutrifood Research Center mengungkap bahwa keruhnya kuah mie instan bukan disebabkan adanya zat lilin. Menurutnya, mie instan mengandung lilin itu hanyalah mitos belaka.

Dalam proses pembuatannya, mie instan terbuat dari adonan terigu, telur, dan bahan lain yang kemudian dicetak dan digoreng hingga kering. Kalaupun kuah mie terlihat keruh, hal tersebut dikarenakan pelepasan sebagian pati dan lemak dari proses menggoreng mie. Inilah yang menjadikan mie instan kaya lemak jenuh sehingga tak baik bila dikonsumsi secara berlebihan.

Mie instan bebas dari zat lilin kok
Mie instan bebas dari zat lilin kok

Selain itu, di tahun 2013, sekelompok dokter dari Amerika tengah melakukan eksperimen tentang reaksi sistem pencernaan ketika tubuh mengonsumsi mie instan. Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Dengan menggunakan kamera mikro yang seukuran butir pil, para ahli melihat bahwa perut butuh waktu lebih lama untuk mencerna mie instan dibandingkan mencerna fresh noodle. Adanya sejumlah bahan pengawet di dalamnya membuat mie instan lebih lambat untuk dicerna.

Maka tak heran bila seseorang yang kerap mengonsumsi mie lebih mudah terserang gangguan pencernaan atau konstipasi. Untuk meminimalisir efek tidak sehat tersebut, B’timers bisa mengurangi penggunaan bumbu mie instan serta memadukannya dengan konsumsi sayuran yang kaya akan serat.

Nah, kini sudah terjawab kan seputar ada atau tidaknya zat lilin dalam mie instan?

Share This Article