Apa Makanan Hangat Lebih Enak dibanding Dingin? | Breaktime
Benarkah Makanan Hangat Lebih Enak dibanding Makanan Dingin?
11.11.2015

B’timers, untuk makan malam Anda lebih memilih sepiring nasi goreng hangat atau yang telah dingin?

Umumnya, ketika ditanya hal semacam ini, mayoritas orang akan memilih sepiring nasi goreng hangat. Ketika ditanya mengapa? Jawabannya karena rasa nasi goreng hangat jauh lebih lezat dibandingkan dengan nasi goreng yang telah dingin? Benarkah begitu?

Panas dan sensor lidah

Apa Makanan Hangat Lebih Enak dibanding Dingin? | Breaktime
Makanan hangat atau dingin, B’timers?

Es krim yang telah meleleh, akan terasa lebih manis dibandingkan eskrim yang masih beku. Daging burger terasa gurih ketika masih hangat, sedangkan setelah mendingin, daging burger akan terasa asin. Sebenarnya apa yang terjadi? Kenapa makanan yang sama, bisa berubah rasanya karena faktor suhu?

Perubahan rasa ini terjadi karena reseptor rasa yang dapat merasakan manis, pahit, dan gurih, akan mengirimkan sinyal listrik yang lebih kuat ke otak ketika makanan hangat. Namun, kadar bumbu dalam makanan dan sensitivitas lidah tiap orang dapat mempengaruhi rasa makanan tersebut.

Suhu menciptakan ilusi

Apa Makanan Hangat Lebih Enak dibanding Dingin? | Breaktime
Rangsang suhu dapat membangkitkan rasa tertentu di pada lidah

Rangsang suhu pada bagian-bagian tertentu pada lidah dapat menciptakan ilusi rasa tertentu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 1999, mengungkapkan bahwa rangsang panas dapat membangkitkan rasa tertentu.

Salah satu contohnya adalah pemanasan yang dilakukan di bagian tepi lidah, dimana terdapat saraf chorda tympani, dapat membangkitkan rasa manis. Sementara itu, jika diberi rangsang berupa suhu dingin, akan muncul rasa asam atau asin atau gabungan keduanya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa di lidah, selain indra pengecap yang dapat merasakan manis, pahit, dan gurih, juga terdapat neuron sensitif termal yang akan menanggapi rangsang suhu. Hal inilah yang akan menyebabkan rasa makanan berbeda saat masih hangat dan telah dingin.

Tentukan makanan dan minuman Anda

Apa Makanan Hangat Lebih Enak dibanding Dingin? | Breaktime
Minuman dingin akan menurunkan persepsi rasa manis

Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan untuk benar-benar memilih makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi, apakah hangat atau dingin. Makan setelah meminum air dingin akan menurunkan persepsi rasa manis, sehingga akan mempengaruhi Anda untuk mengonsumsi makanan yang sangat manis. Untuk itu, memilih makanan berdasarkan suhu juga perlu dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan tubuh. (dfr)

Share This Article