Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Bisa Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Bisa Turunkan Berat Badan?
03.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar



Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, merica, jahe, dan paprika dinilai dapat membantu menurunkan berat badan. Apakah B’timers setuju dengan hal ini?

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme sekitar 8% lebih tinggi. Penelitian lain mengungkapkan bahwa mereka yang suka makanan pedas akan mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit dibanding mereka yang tidak doyan pedas.

Selain itu, penelitian yang dilakukan di Canada's Laval University, menunjukkan bahwa zat bernama capsaicin yang ada di dalam cabai dan makanan pedas lainnya bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak jahat. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa makanan pedas bisa memaksimalkan diet-induced thermogenesis yang  merupakan proses pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh. 

Capsaicin dalam makanan pedas memberikan banyak manfaat
Capsaicin dalam makanan pedas memberikan banyak manfaat

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, ternyata makanan pedas juga punya manfaat lain untuk kesehatan, yaitu:

Baik untuk jantung

Capsaicin, salah satu bentuk capsaicinoid, dapat merangsang reseptor pembuluh darah dan meningkatkan pelepasan oksida nitrat, sehingga tekanan darah menurun. Selain itu, kandungan antioksidan dalam makanan pedas akan mecegah penyakit hati, aterosklerosis, dan hipertrofi jantung.

Menurunkan risiko kanker

Capsaicin akan mengaktifkan reseptor usus Anda dan menciptakan reaksi yang menurunkan risiko tumor. Capcaisin juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan baik untuk pengobatan kanker. Bahkan, dalam sebuah studi, sekitar 80% sel kanker prostat pada tikus dibunuh oleh capsaicin. Ukuran tumor pun bisa menyusut hingga seperlima ukuran awal.

Pereda nyeri

Capsaisin dapat membantu sebagai pereda nyeri dengan mengirimkan sinyal sakit ke otak. Umumnya, krim atau plester pereda nyeri terbuat dari bahan-bahan yang mengandung capsaicin dengan tujuan untuk menimbulkan sensasi terbakar. Sensasi terbakar yang sangat intens ini akan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. (dfr)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE