Belum ke Jakarta Kalau Tak Coba 3 Kuliner Ini! | Breaktime
Belum ke Jakarta Kalau Tak Coba 3 Kuliner Khas Ini!
13.04.2015

Indonesia memang dikenal sebagai surganya kuliner lantaran begitu banyak budaya berbeda yang menyumbangkan cita rasanya masing-masing dalam hidangan Nusantara. Di Jakarta misalnya, B’timers akan dengan mudah menemukan makanan dari berbagai belahan dunia, baik yang dimasak seperti versi aslinya atau sudah dikombinasikan dengan rasa khas tanah air.

Selain itu, Jakarta juga punya beberapa makanan khas yang susah sekali dijumpai di kota lainnya. Anda penasaran? Yuk, icip-icip bareng Breaktime!

Asinan Betawi

Segarnya sayur berpadu dengan kuah asam pedas yang menggugah selera
Segarnya sayur berpadu dengan kuah asam pedas yang menggugah selera

Asinan Betawi, campuran dari berbagai sayur seperti kol, wortel, sawi putih, toge, mentimun, dan selada yang dilengkapi dengan kuah cuka ini memang sudah terkenal kelezatannya. Perpaduan rasa segar, asam, asin, manis, dan juga pedas akan membuat lidah Anda bergoyang saat mencicipinya. Lebih nikmat lagi Anda menyantap asinan Betawi ini ditemani dengan taburan kacang goreng yang renyah dan juga kerupuk. What an incredible taste! 

Babanci

Kuliner lokal yang mulai sulit dijumpai
Kuliner lokal yang mulai sulit dijumpai

Selain Soto Betawi, Jakarta punya hidangan lain yang serupa dan tak kalah nikmatnya, babanci. Masakan ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam kuah santan. Bedanya dengan soto, babanci memiliki kuah yang lebih pekat karena rempah yang digunakan juga lebih banyak, seperti kunyit, jahe, ketumbar, terasi, jintan, bawang merah, bawang putih, cabai, laos, dan juga beberapa lembar daun salam. 

Bir pletok

Dinamai sesuai dengan bunyi “pletok-pletok” yang terdengar saat proses pembuatannya
Dinamai sesuai dengan bunyi “pletok-pletok” yang terdengar saat proses pembuatannya

Jika sebelumnya sudah membahas 2 makanan khas Betawi, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas minumannya. Ya, bir pletok bisa dibilang sebagai minuman asli Jakarta yang wajib B’timers coba. Tak seperti namanya, minuman ini sama sekali tidak memabukkan namun justru menyehatkan karena terbuat dari berbagai rempah seperti pala, kayu secang, serai, kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan juga jahe. 

Mana kuliner khas Betawi yang jadi favorit Anda, B’timers? 

Share This Article