Beginilah Sejarah Keripik Kentang Favorit Anda | Breaktime
Beginilah Sejarah Keripik Kentang Favorit Anda
25.12.2015

Keripik kentang atau potato chips adalah makanan ringan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Rasanya yang gurih dan tekturnya yang renyah membuat makanan ini hampir jarang ketinggalan sebagai camilan saat bersantai ria. Nah, sambil menikmati renyahnya camilan keripik kentang ini, tak ada salahnya jika juga menilik sejarah dibalik ditemukannya keripik kentang hingga bisa kita nikmati saat ini.

Ide tentang makanan ringan keripik kentang pertama kali ditemukan oleh seorang juru masak bernama George Crum bekerja di resort Saratoga Springs yang berlokasi di New York pada musim panas 1853 silam kerena ketidaksengajaan. Saat itu, salah satu tamu makan malam menemukan bahwa kentang goreng Crum terlalu tebal hingga tamu tersebut menolak menu tersebut.

Karena sedikit tersinggung, Crum akhirnya memutuskan satu rencana balas dendam yaitu dengan membuat kentang goreng setipis mungkin. Tujuannya adalah untuk menyulitkan tamu tersebut dalam menusuk si kentang goreng menggunakan garpu. Namun tak di sangka, rencananya malah menjadi senjata makan tuan bagi Crum.

Tamu tersebut justru sangat terkesan dengan kentang kecokelatan dan tipis seperti kertas yang tersaji di atas piringnya. Ia pun memutuskan untuk memesan kentang goreng tipis itu lagi di setiap makan malam berikutnya. Setelah itu, keripik kentang menjadi salah satu makanan yang berada di daftar menu di resort Saratoga Springs.

Beginilah Sejarah Keripik Kentang Favorit Anda | Breaktime
Keripik kentang sempat jadi salah satu menu di resort Saragota Spring

Tujuh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1860, Crum membuka restorannya sendiri di Malta Avenue yang berdekatan dengan Danau Saratoga. Sebagai ciri khas, ia selalu menyuguhkan satu keranjang keripiki kentang di setiap meja di restorannya tersebut. Sejak saat itu, keripik kentang menjadi makanan ringan favorit dan mulai dibicarakan oleh banyak orang. Namun, di tahun 1890 restorannya ditutup karena ia meninggal pada usianya yang ke 92 tahun.

William Vanderbilt, salah satu klien Crum yang sering memesan keripik kentangnya kemudian memutuskan untuk memproduksi keripik kentang dalam jumlah banyak dan kemudian dijual di toko-toko. Seperti ide Vanderbilt, saat itu juga banyak orang yang memiliki ide untuk menjual keripiki kentang. Namun, Vanderbilt berhasil menjadi yang pertama. Ia memasarkan keripik kentangnya ke di took-toko tetangganya.

Vanderbilt memproduksi keripik kentang sendiri di rumahnya, yang kemudian dikenal sebagai salah satu dari pabrik kentang pertama di dunia. Saat itu, proses pengupasan dan pengirisan keripik masih manual menggunakan tangan. Baru kemudian di tahun 1920 ditemukan sebuah mesin pengiris kentang.

Keripik kentangnya berhasil menyebar hampir ke seluruh Amerika setelah Bill dan Sallie Uzt membuat brand sendiri untuk keripik kentangnya. Kemudian di tahun 1926, Laura Scudder berinisiatif membuat kantong kentang goreng yang lebih layak sehingga distribusinya akan semakin meluas.

Hingga saat ini, keripik kentang telah menjadi makanan ringan favorit di Amerika. Hasil penjualan keripik kentang di AS lebih dari USD 6 miliar per tahun. Pada tahun 2003 industri keripik kentang di Amerika telah mempekerjakan lebih dari 65.000 orang. (nap) 

Share This Article