Rahasia Menanak Nasi Agar Pulen & Tak Cepat Basi | Breaktime
Begini Rahasia Menanak Nasi Agar Pulen dan Tak Cepat Basi
03.01.2016

Ibu-ibu rumah tangga sekarang sudah mulai dimudahkan dengan adanya mesin penanak nasi otomatis atau yang biasa disebut rice cooker. Namun, sebagian besar dari mereka juga bertanya-tanya mengapa nasi berwarna kuning, mudah basi dan tidak pulen sama sekali.
Anda pasti setuju pada satu pendapat bahwa nasi yang pulen jauh lebih nikmat dan menggugah selera. Maka dari itu, para ibu akan berusaha sebisa mungkin agar nasi yang dimasaknya lebih pulen dan wangi.
Namun, Anda harus tahu, memasak menggunakan mesin akan selalu memiliki tampak negatif. Entah dari sisi kesehatan maupun dari kualitas nasi yang dihasilkan. Berbeda jika memasak nasi dengan cara konfensional atau tradisional. Memasak nasi dengan cara tradisional memang dipercaya menghasilkan nasi yang beraroma lebih wangi.
Ternyata, memasak nasi agar lebih pulen ternyata ada rahasianya lho, B’timers. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan nasi seperti yang Anda dan keluarga inginkan. Berikut rahasia bagaimana menanak nasi agar lebih pulen. Tak hanya menghasilkan nasi yang pulen, cara ini juga menjamin nasi Anda lebih awet dan tidak mudah basi.
Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Masak Nasi Tradisional atau Menggunakan Rice Cooker

  • Memilih jenis beras

Tak dapat dipungkiri, nasi yang enak, pulen dan wangi tidak lepas dari jenis beras yang digunakan. Jika Anda menggunakan beras dengan kualitas yang bagus, maka nasi yang dihasilkan tentunya juga bagus. Pilihlah beras yang baru, bukan beras oplosan dari beras kualitas bagus, sedang dan buruk.

Rahasia Menanak Nasi Agar Pulen & Tak Cepat Basi | Breaktime
Kualitas beras yang digunakan juga mempengaruhi nasi yang dihasilkan
  • Cara mencuci beras

Sebaiknya Anda tidak mencuci beras terlalu sering, cukup 2 atau 3 kali saja. Setidaknya hingga debu dan kotoran  yang terdapat dalam beras terbuang.

  • Takaran air

Anda juga harus memperhatikan takaran air yang digunakan untuk menanak nasi. Gunakan perbandingan 1 : 2 untuk jumlah airnya. Contohnya, jika Anda memasak 1 cangkir beras, maka gunakan 2 cangkir air untuk memasak. Namun jika beras Anda perah, gunakan air lebih banyak. Untuk menyiasati, Anda bisa menambahkan agar-agar putih dengan takaran ½ agar-agar untuk 1 gelas beras.

  • Cara memasak

Jika Anda memasak menggunakan kompor, maka panaskan air dan beras dalam waktu bersamaan. Setelah mendidih aduk-aduk dan biarkan air mongering, kemudian baru kukus selama 30 menit. Namun jika Anda menggunakan rice cooker, masak seperti biasanya. Anda bisa menambahkan ½ sdt garam dan ½ sdm mentega agar nasi pulen dan awet.

  • Tambahkan daun pandan dan tetesan jeruk nipis

Menambahkan daun pandan pada masakan nasi Anda akan membuat aroma harum pada nasi Anda. Percikkan juga tetesan jeruk nipis ke dalam penanak Anda agar nasi tidak menguning dan tidak mudah basi.
Nah, itu tadi rahasia memasak nasi agar lebih pulen, wangi dan tidak mudah basi, B’timers. Meski ribet, memasak dengan kompor dengan cara konfensional tetap yang terbaik. Namun semuanya tetap tergantung pada kenyamanan Anda. Selamat mencoba! (nap)

Share This Article