Bawang Merah vs Bawang Putih, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Bawang Merah vs Bawang Putih, Mana yang Terbaik?
22.10.2017

Bawang merupakan salah satu jenis bumbu yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan di seluruh dunia. Bagian tanaman bawang yang paling banyak digunakan dalam memasak ialah bagian umbi. Jenis bawang yang paling populer selain bawang bombay ialah bawang merah dan bawang putih. Namun tahukah B’timers bahwa kedua jenis bawang tersebut cukup berbeda, mulai dari citarasa hingga khasiat tersendiri sebagai penyedap masakan alami?

Aneka jenis hidangan hingga racikan bumbu menjadi kian lezat dengan tambahan bawang, sebut saja pasta, salad, acar, kaldu, saus, bumbu tumis, hingga disajikan mentah sebagai garnish. Bawang merah dan bawang putih memiliki bebagai karakteristik berbeda yang menentukan jenis pengolahan dan citarasa masakan yang dihasilkan. Bawang putih memiliki kandungan sulfur dan senyawa kimia alliin yang membuatnya terasa getir dan angur. Bawang merah, sebaliknya, memiliki citarasa yang jauh lebih panas dan pedas.

Dari segi aroma dan tekstur, bawang merah dan bawang putih memiliki ciri khas yang hampir serupa. Jejak rasa manis dan kesegaran yang terselubung citarasa pedas dan getir dari keduanya konon memberikan sensasi eksotis ketika berpadu dengan aneka bumbu masakan lainnya. Tekstur kulit bawang putih jauh lebih tipis sehingga lebih mudah dikupas, sedangkan bawang merah memiliki lapisan kulit yang jauh lebih tebal dan terkesan berdaging. Dengan demikian, bawang merah menjadi pilihan bumbu yang pas untuk menjadi bahan pengental dalam aneka jenis saus, kuah kental, kaldu, hingga sup.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Cicipi Menu Masakan Indonesia Ekstrem Ini?

Di berbagai penjuru dunia, bawang merah dan bawang putih memiliki bentuk pemanfaatan yang berbeda, tak hanya sebagai bumbu masakan matang tapi juga nikmat disajikan mentah. Bawang putih secara umum menjadi bumbu utama yang sangat diagungkan dalam khazanah kuliner Meksiko dan Prancis. Bawang merah, sebaliknya, merupakan salah satu bumbu wajib di negara-negara Asia seperti India, Pakistan, Bangladesh, berbagai negara-negara rumpun Melayu, hingga sebagian bangsa Eropa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Paella, Makanan Spanyol Citarasa Arab-Romawi

Penggunaan bawang merah maupun bawang putih sangatlah tergantung pada citarasa masakan seperti apa yang ingin Anda dapatkan. Bawang merah lebih banyak digemari sebagai bumbu masakan karena memberikan aroma dan warna masakan yang kuat serta citarasa unik. Bawang merah mentah akan memberikan warna kemerahan alami dan citarasa panas nan pedas dalam masakan. Bawang merah juga paling banyak digunakan di negara-negara Asia Selatan seperti India karena dapat ditemukan dan dibudidayakan dengan mudah. 

Bawang Merah vs Bawang Putih, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Selain menambah citarasa masakan, bawang merah dan bawang putih juga menyehatkan

Dari segi kandungan gizi, kedua jenis bawang tersebut pada dasarnya memiliki kandungan kalori yang sama rendahnya sehingga seringkali menjadi menu diet andalan. Dalam jumlah 100 gram, bawang merah mengandung 37 kalori sedangkan bawang putih mengandung kalori yang sedikit tinggi yakni 42 kalori. Bawang merah dan bawang putih memiliki kandungan serat dan zat gizi lainnya dalam jumlah cukup seimbang, seperti flavonoids, vitamin C, kalsium, fosfor, dan potassium. 100 gram bawang merah mengandung 12 gram serat, sedangkan bawang putih hanya mengandung 10 gram serat dalam takaran yang sama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Bumbu Unik untuk Citarasa Masakan nan Beda

Dalam hal kandungan vitamin C, 100 gram bawang merah dan bawang putih sama-sama mampu memenuhi lebih dari 10% kebutuhan vitamin C tubuh setiap harinya. Kandungan kalsium keduanya cukup berbeda karena bawang merah jauh lebih kaya akan kalsium dibandingkan dengan bawang putih. Bawang putih juga memiliki kandungan zat besi yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan bawang merah. Bawang merah juga sangatlah ideal untuk meningkatkan performa seksual Anda karena terbukti mampu menangani libido rendah pada manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Food Research International pada awal tahun 2017 menunjukkan bahwa dibandingkan dengan jenis bawang lainnya, bawang merah jauh lebih efektif dalam membunuh sel kanker dengan adanya kandunga antioksidan seperti quercetin dan anthocyanin yang cukup tinggi. Uniknya, berbagai jenis bawang lainnya juga mengandung kedua senyawa alami tersebut meski tak sebanyak bawang merah. Berbagai manfaat kesehatan yang sudah tak diragukan lagi tersebut membuat kualitas bawang merah dan bawang putih semakin prima, tak hanya sebagai bumbu masakan semata. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE