Bau? Eits, Ini Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan! | Breaktime
Bau? Eits, Ini Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan!
04.11.2016

Hmm, untuk pecintanya, olahan jengkol adalah menu paling lezat yang ada di dunia, B’timers. Namun untuk mereka yang tidak menyukainya, mendekat atau bahkan hanya melihat wujud dari jengkol sudah sangat mengerikan. Padahal sengan tekstur yang empuk dan rasanya yang khas, jengkol menawarkan banyak manfaat, lho. Berikut ini manfaat jengkol bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Bau? Eits, Ini Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan! | Breaktime
Selain petai, jengkol menyimpan banyak manfaat kesehatan

Membantu membentuk jaringan dalam tubuh

Dengan tingginya kandungan protein yang terdapat di dalam jengkol, makanan tradisional Indonesia yang satu ini ternyata dapat membantu dalam membentuk jaringan dalam tubuh, lho. Bahkan menurut penelitian, tingginya protein jengkol jauh lebih tinggi daripada pada kacang hijau dan kacang kedelai.

Mengatasi kurangya produksi darah merah

Selain itu, jengkol ternyata kaya akan zat besi, B’timers. Seperti yang kita tahu, bahwa zat besi memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Nah, untuk Anda yang menderita anemia, obat yang lezat adalah mengonsumsi jengkol, nih!

Baca juga : BOO! INI ANEKA HIDANGAN TRADISIONAL DI HALLOWEEN!

Bau? Eits, Ini Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan! | Breaktime
Diolah bersama petai, membuat ingin tambah lagi, nih, B’timers!

Memperkuat tulang dan mencegah keropos

Tak hanya kaya akan zat besi. Salah satu manfaat jengkol bagi kesehatan yang perlu kita ketahui adalah efektif mencegah pengeroposan tulang dan memperkuatnya, B’timers. Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena kandungan kalsium dan fosfor di dalam jengkol. Wah, tak hanya susu yang menjaga tulang, ya?

Membasmi radikal bebas penyebab kanker

Jengkol juga mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin A, Vitamin B1 dan B2 serta Vitamin C. Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, Vitamin A dan Vitamin C merupakan kombinasi yang bagus untuk meningkatkan produksi antioksidan tubuh.

Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Untuk penderita penyakit jantung karena terjadinya penyempitan pembuluh darah, sangat dianjurkan mengonsumsi jengkol. Alasannya karena mineral yang terkandung di dalam jengkol dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Namun jangan sampai Anda mengolah jengkol hingga terlalu matang.

Dengan begitu banyak manfaat jengkol bagi kesehatan, Anda masih malas mengonsumsinya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE