Bagaimana Tips Bersihkan Kepiting a la Koki Pro? | Breaktime
Bagaimana Tips Bersihkan Kepiting a la Koki Pro?
24.07.2016

Memang tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya seafood. Indonesia sebagai negara penghasil seafood terbesar dan terbaik tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. Nah, sebagai “tuan rumah” seafood, tahukah Anda bagaimana cara membersihkan kepiting seperti chef profesional¸B’timers? Daripada lama-lama, langsung intip langkah-langkah berikut, yuk!

Gunakan talenan atau tatakan

Letakkan kepiting di atas talenan dengan bagian dada menghadap ke atas. Pastikan kepiting masih dalam keadaan terikat dan belum dicuci. Ini dilakukan agar kepiting tidak melakukan serangan ke tangan Anda.

Gunakan pisau tajam

Pisau yang tajam diperlukan untuk membelah bagian dada kepiting menjadi dua bagian. Setelah kepiting benar-benar mati (ditandai jari jarinya yang sudah tidak bergerak), Anda dapat melepaskan tali yang mengikat bagian badannya.

Lepas bagian batok

Tanggalkan batok atau cangkang kepiting yang sudah terbelah, ambil alat pernapasan atau insangnya dan buang. Potong dan hilangkan juga bagian ujung-ujung jari atau kuku kepiting karena ujung jari kepiting tersebut tidak mengandung daging.

Cuci dengan air bersih

Cara membersihkan kepiting seperti chef profesional selanjutnya adalah mencuci kepiting di bawah air yang mengalir. Hilangkan isi perutnya yang berwarna kehijauan. Bagian yang berwarna kuning adalah lemak kepiting, jika menyukainya, Anda tidak perlu membuangnya.

Bagaimana Tips Bersihkan Kepiting a la Koki Pro? | Breaktime
Pastikan untuk mencuci kepiting di bawah air mengalir

Pukul capitnya

Setelah kepiting benar-benar bersih, pukul capitnya menggunakan gagang pisau, namun jangan sampai retak ya, B’timers. Ini dimaksudkan agar bumbu bisa meresap hingga ke dalam daging capit serta memudahkan untuk dipecah saat  akan disantap.

Jangan membuang batok kulit

Tips lainnya, sebaiknya B’timers tidak memuang bagian cangkang atau batok yang sudah terlepas, ya. Pasalnya, bagian batok ini masih enak untuk dimakan, apalagi jika masih ada bagian daging yang menempel di sana.

Nah, untuk lebih jelasnya, saksikan video cara membersihkan kepiting seperti chef profesional di bawah ini yuk, B’timers! (nap)

Baca juga : TIPS CERDAS UNTUK HILANGKAN BAU AMIS PADA SEAFOOD

Share This Article