Azuki Beans, Makanan Super Untuk Program Diet | Breaktime
Azuki Beans, Makanan Super untuk Dieters
03.02.2015

B’timers pasti sudah akrab dengan jenis kacang yang satu ini, kan? Ya, azuki beans yang tergolong jenis kacang merah ini banyak digunakan dalam hidangan pencuci mulut negara-negara oriental seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea.

Hebatnya lagi, tanaman yang berasal dari famili Fabaceae dan bergenus Vigna ini ternyata sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet. Nah, berikut ini Breaktime telah merangkum sejumlah informasi mengenai kandungan nutrisi yang ada dalam kacang merah:

Protein packed

Salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi para dieters adalah makanan yang kaya akan kandungan protein karena bisa menjadi sumber energi selain karbohidrat dan juga berperan sebagai “bahan bakar” otak agar transfer informasi berjalan lebih cepat. Zat satu ini tak hanya didapatkan dari telur dan daging saja, beberapa jenis sayuran dan buah pun ada yang mengandung banyak protein, salah satunya adalah kacang merah.

So Fiber!

Jika B’timers ingin menurunkan berat badan lebih cepat tanpa bergantung pada bahan kimia yang berbahaya, perbanyaklah konsumsi serat. Kandungan satu ini membantu Anda agar tak mudah merasa lapar sehingga tak banyak kalori yang dikonsumsi. Selain itu, serat juga berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh. Setiap ¼ cup kacang merah mengandung 16 gram serat yang bermanfaat.

Rich in protein, vitamins, and minerals

Selain kaya akan kandungan protein nabati, kacang merah juga memiliki banyak vitamin, salah satunya vitamin B yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel jaringan dalam tubuh yang rusak. Selain itu, terdapat juga iron yang bisa membantu proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

Ada berbagai macam cara untuk menikmati kacang tanah. Jika B’timers merupakan pecinta sup, olah saja kacang merah dengan daging dan kaldu sapi. Bisa juga campurkan makanan satu ini dengan susu rendah lemak dan jadikan sajian manis untuk sarapan.

Share This Article