Makanan Berbahaya Jika Dikonsumsi saat Mentah! | Breaktime
Awas, Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi saat Mentah Lho
03.02.2016

Makanan mentah dan segar memang nikmat untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisinya yang tetap utuh akan membantu Anda sukses melakukan diet rendah lemak dan kalori. namun, tahukah Anda bahwa ada makanan mentah yang harus Anda hindari karena berbahaya? Berikut ini 5 makanan yang memberikan efek buruk jika Anda mengonsumsinya mentah-mentah.

  • Ayam

Orang Jepang gemar makan daging-dagingan mentah. Padahal tidak semua daging aman dimakan saat masih mentah, lho. Idealnya, daging yang boleh dimakan segar adalah daging ikan. Selain ikan sangat dianjurkan untuk memasaknya terlebih dahulu, termasuk daging ayam.

Daging ayam mentah mengandung banyak bakteri dan kuman super jahat yang bisa mengirim Anda ke rumah sakit jika Anda memakannya. Karena itu, pastikan Anda memasaknya dengan kematangan yang sempurna sebelum menyantapnya.

  • Telur

Orang Jawa kebiasaan menelan telur ayam kampung mentah-mentah sebagai obat. Khasiatnya memang tidak diragukan, namun Anda harus berpikir ulang lagi sebelum sering-sering mengonsumsi telur mentah. Pasalnya, bakteri salmonella yang berbahaya untuk tubuh menginfeksi satu dari 30 ribu telur. Apalagi bakteri penyebab penyakit tifus dan sejenisnya ini bersarang di kuning telur yang justru dianggap penting.

Makanan Berbahaya Jika Dikonsumsi saat Mentah! | Breaktime
Kuning telur berpotensi dihinggapi bakteri penyebab tifus
  • Biji buah-buahan

Makan buah dengan menggigit langsung memang lebih enak daripada disajikan dalam beberapa potongan kecil. Namun hati-hati, jangan sampai biji buah-buahan favorit Anda tertelan atau termakan. Pasalnya, biji buah seperti buah apel, persik, manga, pear dan apricot sangat berbahaya jika tergigit atau termakan.

Biji dari buah-buahan di atas mengandung bahan kimia yang disebut amygdalin yang dapat berubah menjadi zat sianida. B’timers tentu tahu bahwa zat sianida adalah zat kimia yang sangat beracun dan mematikan, bukan?

  • Kentang

B’timers tentu tahu bahwa irisan kentang mentah bisa berubah menjadi hijau. Warna hijau ini terjadi akibat kentang terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari. Sinar matahari pada kentang bisa meningkatkan kandungan solanin yang beracun. Jika dikonsumsi, dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, mual dan masalah perut. Jadi, simpan kentang di tempat yang sejuk dan kering agar Anda terhindar dari masalah ini dan pastikan Anda menyantap kentang setelah dimasak.

Makanan Berbahaya Jika Dikonsumsi saat Mentah! | Breaktime
Solanin akibat paparan matahari bisa menyebabkan keracunan

Kacang merah

Terakhir, makanan yang bahaya saat dimakan mentah adalah kacang merah. Tidak hanya terasa kotor, memakan kacang merah yang masih mentah akan membuat Anda mual, muntah, pusing dan sakit perut karena kandungan lectin di dalamnya. Karena itu, pastikan Anda memasaknya sebelum dimakan dan merendam di air setidaknya 5 jam sebelum dimakan. Dengan demikian, Anda akan baik-baik saja.

Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan mentah untuk program diet ya, B’timers. (nap)

Share This Article