Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang | Breaktime
Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang Ternyata Bisa Bikin Tenggelam
17.06.2015

Anda yang hobi renang pasti akrab dengan wacana bahwa berenang sehabis makan akan bikin kram perut dan berisiko menyebabkan perenang tenggelam. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jadi, makanan apa saja yang sebaiknya tak Anda konsumsi sebelum berenang? 

Quadruple Bypass Burger

Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang | Breaktime
Makanan ini mengandung 8000 kalori, lho!

Memang saat berenang Anda butuh energy yang banyak, tapi bukan berarti harus makan Quadruple Bypass Burger, kan? Makanan asal Grand Canyon State ini mengandung lemak yang sangat banyak dan kalori mencapai 8000. Tak heran bila makanan ini bakal bikin aliran darah jadi lambat dan kram perut.

Sup dan Mi Instan

Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang | Breaktime
Mi instan bisa meningkatkan LDL

Beberapa merek sup dan mi instan tertentu ternyata mengandung lemak trans yang berbahaya, lho. Lemak trans ini akan meningkatkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang dapat menurunkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan berdampak pada kelancaran peredaran darah pada sistem pencernaan sehingga memicu kram perut.

Kentang Kukus

Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang | Breaktime
Kalori dan lemak jenuh kentang kukus tinggi banget

Nah, kalau Anda doyan menyantap kentang kukus yang proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega sebelum berenang, segera hentikan kebiasan ini. Bayangkan, ½ mangkuk saji kentang ini mengandung 200 kalori, belum termasuk kandungan lemak jenuh di dalamnya.

Es krim

Awas! Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Renang | Breaktime
Kandungan gula, kalori, dan lemak es krim membuncah

Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian menu makanan yang memiliki kandungan lemak, kalori, dan gula super tinggi. Jadi, tak ada salahnya bila B’timers pertimbangkan ulang untuk mengonsumsinya sebelum berenang.

Ternyata ngeri juga ya kalau gara-gara mengonsumsi makanan berlemak tinggi tersebut sebelum renang, perut B’timers jadi kram mendadak dan malah berisiko tenggelam. Mulai sekarang, yuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih menu sehat sebelum olahraga dan berikan jeda waktu cukup lama antara sesudah makan dan sebelum memulai berenang.

Share This Article