Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan | Breaktime
Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan
24.04.2016

Bagi pecinta kuliner, mencoba makanan baru yang belum pernah dicicipi bisa jadi pengalaman seru yang benar-benar asyik. Sajian seperti olahan mie atau nasi goreng mungkin sudah biasa. B’timers yang suka kuliner ekstrem pasti menjauhi makanan-makanan mainstream. Namun, sejumlah sajian “ekstrem” ini meski bisa dimakan, sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan, lho. Apa saja sih, makanan yang berbahaya untuk dimakan tersebut?

Kacang mete mentah

Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan | Breaktime
Kacang mete menyimpan bahaya di balik rasa gurihnya

Kacang mete merupakan makanan yang sangat favorit dijadikan camilan. Namun, kacang mete juga mengandung sejenis racun yang berbahaya, lho. Selain itu, jika mengolahnya kurang matang dan sempurna, maka bisa memicu reaksi alergi pada kulit. Sebaiknya hindari memakannya berlebihan, B’timers.

Fugu atau ikan buntal

Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan | Breaktime
Ikan buntal mengandung racun yang bisa mematikan

Makanan yang berbahaya untuk dimakan berikutnya adalah fugu. Ikan yang biasa dikenal dengan nama ikan buntal ini berasal dari Jepang. Organ dalam ikan ini mengandung racun tetrodotoxin yang bisa mematikan. Chef di Jepang bahkan dibekali skill khusus tingkat tinggi untuk mengolah ikan yang biasa dimakan mentah ini, agar tidak membahayakan nyawa orang yang memakannya.

Singkong

Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan | Breaktime
Ternyata singkong juga tergolong makanan “berbahaya”

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal singkong, bagaimana dengan B’timers? Ya, makanan yang tumbuh di Amerika Selatan, Asia dan Afrika ini biasa diolah menjadi keripik dan cake di sejumlah daerah. Namun, singkong yang masih mentah berbahaya sebab mengandung sejenis racun yang disebut “linamarin”, bisa menyebabkan kematian jika dimakan mentah.

Sannakji

Awas! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Dimakan | Breaktime
“Segar”nya bayi gurita yang disajikan mentah

Kali ini merupakan makanan yang berasal dari Negeri Ginseng. Sannakji atau bayi gurita mentah, biasa disajikan di sejumlah restoran Korea. Padahal, sannakji bisa sangat membahayakan karena ia tetap bergerak meski sudah mati, bahkan setelah dipotong kecil-kecil sekalipun! Sannakji bisa menyangkut di tenggorokan, membuat sesak napas dan bahkan menyebabkan kematian.

Hm, terdengar menarik sekaligus menantang ya, B’timers? Namun, jika ingin makan dengan nikmat dan aman-aman saja, akan lebih baik jika B’timers menghindari makanan yang berbahaya untuk dimakan tadi, ya. (md)

Share This Article