Awas, Ini Bahaya Minum Teh Dengan Susu! | Breaktime
Awas, Ini Bahaya Minum Teh Dengan Susu!
23.07.2017

Milk tea alias teh susu adalah minuman hits yang populer di berbagai belahan dunia. Terkhusus lagi di beberapa wilayah benua Asia. Sebut saja di Asia Tenggara, teh tarik ala Malaysia begitu banyak digemari oleh penduduk lokalnya sampai juga di beberapa negara tetangga. Teh tarik ini tentu saja berbahan dasar teh yang diberi minuman susu agar rasanya menjadi lebih gurih nan kaya. Di Thailand juga ada Thai Tea— teh susu yang ditambahi campuran bubble  tepung tapioka dengan kekenyalan yang bikin ketagihan luar biasa.

Awas, Ini Bahaya Minum Teh Dengan Susu! | Breaktime
Thai ice tea pelepas dahaga di saat kehausan akut melanda

Namun ada sebuah fakta mencengangkan yang tak banyak diketahui oleh kebanyakan orang— kombinasi teh dan susu adalah perpaduan minuman yang tak seharusnya terjadi. Wah? Kenapa ya? Apa iya teh susu adalah minuman yang berbahaya untuk dikonsumsi? Bukan begitu, B’timers. Hanya saja, teh dan susu ini tidak sepatutnya dicampur karena susu akan dengan mudah merusak nutrisi yang terkandung di dalam teh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penemuan Terbaru, Colorless Coffee Asal Slowakia

Well, semenjak turun temurun, teh dikenal luas sebagai minuman dengan sejuta khasiat. Teh mengandung kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga akan membantu proses detoks pada tubuh Anda. Not to mention bahwa teh juga dianggap mampu menghalau resiko penyakit jantung secara signifikan, lho. Ini sesuai dengan sebuah penelitian yang jurnalnya diterbitkan di US National Library of Medicine and National Institutes of Health di tahun 2012. Menurut jurnal tersebut, disebutkan bahwa kandungan polyphenol pada teh-lah yang berjasa membuat konsumen teh terhindar dari resiko penyakit mematikan itu.

BACAJUGA;2

Sayangnya, apabila teh tersebut sudah dituangi oleh minuman susu, maka manfaat luar biasa tersebut akan seketika hilang. Tidak percaya? Sudah ada kok sebuah riset yang membuktikan kebenaran satu ini. Pada The European Heart Journal, para peneliti telah mencoba untuk membuat dua macam teh agar diberikan pada 16 orang peserta penelitian. Teh jenis pertama adalah secangkir black tea yang diseduh menggunakan air panas biasa. Sedangkan pada gelas kedua, teh sama-sama berjenis black tea namun setelah diseduh, Ia ditambahkan sedikit cairan skim milk.

Awas, Ini Bahaya Minum Teh Dengan Susu! | Breaktime
Secangkir black tea dipakai untuk riset manfaat teh oleh peneliti

Nah, setelah ke-enam belas orang ini selesai meminum salah satu jenis teh, para peneliti langsung mengukur  efek yang ditimbulkan oleh konsumsi teh tadi. Lebih spesifiknya, para peneliti mencoba untuk mengukur efek yang terjadi pada sistem kardiovaskular para peserta.

Lalu seperti apa hasilnya? Sejalan dengan prediksi yang sudah dipikirkan sebelumnya, ternyata teh hitam yang tak diberi apa-apa memang lebih mujarab dalam meningkatkan fungsi kerja pembuluh darah. Berbanding terbalik dengan teh yang sudah diberi susu, justru Ia tak menyumbangkan efek kesehatan yang eksklusif ini teerhadap tubuh para peminumnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar!

Para peneliti berspekulasi bahwa kandungan berharga pada teh ini akan menjadi non-aktif bila bertemu dengan si protein susu. Protein susu ini lho penyebab zat antioksidan pada teh menjadi netral. Hm, terbuang sia-sia deh manfaat antioksidan teh yang selama ini dicari-cari oleh para penikmat teh di mana saja.

Dan ada satu lagi hal yang perlu diingat oleh Anda yang tak mau kehilangan khasiat berharga teh ini. Efek susu yang semacam ini faktanya tak cuma dimiliki oleh susu yang diproduksi oleh mamalia seperti sapi, kambing, maupun domba lho. Susu kedelai nyatanya juga akan memberikan dampak yang sama! Pasalnya, susu kedelai memiliki kandungan protein yang sama seperti susu-susu yang lainnya. So, masih tertarik untuk minum teh susu setelah tahu kenyataan pahit ini? (kps)      



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE