Awas! Ini 5 Aturan Yang Harus Dipatuhi Saat Kulineran di Restoran Chinese | Breaktime
Awas! Ini 5 Aturan Yang Harus Dipatuhi Saat Kulineran di Restoran Chinese
13.02.2018

Masakan dari negeri Tirai Bambu ini sudah tersohor kenikmatannya. Rasanya nggak ada yang nggak enak dari sajian hidangan chinese food. Semuanya kepingin ludes dilahap di mulut. Tapi, kamu tahu nggak kalau di negeri Cina sana ada cara makan yang benar di restoran Chinese seperti ini.

Menggunakan teko teh dengan benar

Menikmati hidangan teh tak hanya menuang lalu menegaknya dengan nikmat. Di restoran Chinese sendiri, kamu harus memegang teh dengan satu tangan. Tangan sebelahnya harus memegang tutup teko. Kalau mau menuang teh dari dalam teko lagi, ingat gunakan satu tangan aja, ya. Baik itu kamu tuangkan untuk orang lain ataupun diri kamu sendiri.

Tidak boleh membalik hidangan ikan

Jika kamu memesan ikan dalam keadaan utuh, misalnya masih berbentuk 1 ekor penuh, jangan pernah untuk membalik ikannya. Karena dipercaya oleh orang Cina hal tersebut bisa membawa kesialan. Terus gimana cara makan sisi lain ikan yang masih dipenuhi daging? Nah, caranya setelah kamu habiskan 1 sisi ikan, buang durinya. Jadi kamu tetap bisa memakan sisi lain tanpa harus membolak-balik ikan.

Jangan coba-coba makan pangsit dalam satu suapan

Menyantap pangsit rebus memang paling nikmat kalau langsung sekali suapan. Tapi cara ini ternyata salah kalau kamu gunakan di restoran Chinese. Sebaiknya jangan makan pangsit dalam satu gigitan. Cara yang benar sebaiknya gigit pangsit sedikit-sedikit sambil seruput kuahnya. Lebih nikmat, kan?

Tidak menambahkan kecap asin ke dalam nasi goreng yang sudah dihidangkan

Banyak dari kita menambahkan garam atau kecap asin ke dalam masakan. Biasanya karena rasanya kurang asin dan kurang sesuai sama lidah kamu yang biasa konsumsi yang serba asin. Tapi hati-hati loh, di Cina kalau kamu meminta tambahan kecap asin pada nasi goreng yang sudah kamu pesan, malah akan menyakiti hati sang koki. Setitik kecap asin yang diminta tambahannya akan meragukan kemampuan sang koki dalam bidangnya. Duh, hati-hati ya, guys.

Jangan pernah menyilangkan sumpit

Di Indonesia kamu biasa menyilangkan sendok dan garpu di atas piring? Tapi hati-hati guys cara ini akan salah kalau kamu gunakan untuk budaya Cina. Menyilangkan sumpit di atas mangkuk artinya adalah kematian. Aduh, serem banget ya kalau sembarangan kita nggak tahu artinya. Nah, sebaiknya kamu letakkan sumpit dalam posisi yang sama-sama melintang di atas mangkuk. Pokoknya jangan menyilang. Atau cara yang paling baik adalah meletakkan di sandaran sumpit yang disediakan.

Lain negara lain pula budayanya. Intinya, kamu bisa melihat dan bertanya sekitar tentang budaya yang beda dari yang biasa kamu lihat selama ini. Nggak ada salahnya kan mempelajari berbagai macam budaya yang ada di dunia? Selamat belajar!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE