Aturan Asupan Karbohidrat ala Penderita Diabetes | Breaktime
Aturan Asupan Karbohidrat ala Penderita Diabetes
14.11.2017

Penderita diabetes seringkali mengalami gangguan dalam memproduksi insulin secara alami. Jenis diabetes yang lainnya bahkan menyebabkan tubuh pasien tidak mampu merespon terhadap produksi insulin sebagaimana mestinya. Insulin merupakan salah satu hormon terpenting dalam tubuh karena berfungsi mengolah asupan karbohidrat menjadi glukosa hinga bisa dicerna dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Namun benarkah bahwa makanan yang mengandung karbohidrat selamanya menjadi musuh besar bagi penderita diabetes?

Secara umum, mengkonsumsi karbohidrat mampu meningkatkan kadar gula darah. Faktanya, diabetes tak menyebabkan Anda harus menghindari konsumsi karbohidrat sama sekali. Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang bermanfaat dan dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis karbohidrat seperti biji-bijian, whole grain, serta buah dan sayuran mengandung serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang menyehatkan. Makanan manis, minuman soda, maupun permen biasanya tidak disertai dnegan kandungan serat sehingga disebut juga dengan kalori kosong karena hanya mengandung kalori tanpa adanya tambahan zat gizi penting.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Khusus Menyimpan Makanan Tanpa Kulkas

Agar tak secara obsesif menghindari asupan karbohidrat sepenuhnya, B’timers perlu mengetahui bahwa tak semua bahan pangan mengandung karbohidrat secara seimbang dan sama besar. Ubi dan keripik kentang sama-sama mengandung karbohidrat, namun kualitas kesehatan keduanya bertolak belakang sama sekali. Karbohidrat simpleks yang ditemukan dalam makanan olahan seperti roti putih, nasi, dan keripik kentang dapat diolah dengan cepat oleh tubuh sehingga menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Sebaliknya, asupan karbohidrat kompleks seperti buah, sayuran, biji-bijian, hingga whole grains mengalami proses pencernaan yang cukup lama sehingga membuat Anda kenyang lebih lama serta tak mengalami lonjakan gula darah.

Sama halnya dengan serat, kandungan protein juga dapat menghambat peningkatan gula darah melalui proses pencernaan yang lebih lama. Protein hewani bisa Anda dapatkan melalui aneka jenis telur dan olahan susu, unggas, seafood, hingga daging merah secukupnya. Alternatif protein nabati memiliki lebih banyak pilihan mulai dari polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga aneka olahan kedelai. Tentu saja penderita diabetes haruslah memperhatikan ukuran porsi makan setiap harinya. Baca terlebih dahulu bagian nutrition facts sebelum menyajikan makanan olahan. B’timers juga bisa menggunakan gelas ukur untuk memperkirakan asupan nutrisi harian Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kombinasi Unik Thai Food dan Wine

Salah satu aturan makan sederhana yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes ialah mengatur separuh piring makan Anda dengan sayuran, seperempat bagian dengan protein, dan seperempat sisanya dengan karbohidrat. Dengan demikian, asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh Anda tetap terjaga dalam jumlah seimbang. Untuk menu sarapan sehat, Anda bisa mengkonsumsi pancake pisang oatmeal dengan tambahan keju cottage. Perpaduan citarasa unik yang disajikan dijamin tak memerlukan tambahan sirup dalam menu sarapan sehat kali ini. Selai kacang dan almond natural bisa jadi tambahan tekstur serta asupan protein ekstra. 

Aturan Asupan Karbohidrat ala Penderita Diabetes | Breaktime
Nasi kembang kol merupakan salah satu pengganti nasi biasa bagi penderita diabetes

Untuk menu makan malam sehat bagi penderita diabetes, Anda bisa menyiapkan nasi dari kembang kol yang bisa dimasak biasa ataupun diolah menjadi nasi goreng. Nasi kembang kol tak hanya lezat tapi juga jauh lebih menyehatkan bagi penderita diabetes. Tumis sayur dengan tambahan sosis ayam dan kentang juga bisa jadi menu makan malam sehat yang memenuhi seluruh kebutuhan gizi Anda secara seimbang. Akhiri dengan salad sehat berupa campuran lezat wortel, lobak, alpukat, dan quinoa sebagai asupan karbohidrat dan protein yang aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Sehat & Praktis Menyimpan Makanan di Kulkas

Untuk menu makan siang maupun kudapan sore hari, Anda bisa menyajikan aneka jenis keju sebagai sarana kontrol karbohidrat. Cheese platter bisa menjadi hidangan sehat saat pesta maupun acara makan keluarga. Kini B’timers tak perlu lagi khawatir menyiapkan menu khusus bagi kerabat penderita diabetes. Camilan sehat penderita diabetes juga bisa didapatkan dengan aneka olahan plain greek yogurt maupun keju dan buah-buahan segala musim tanpa tambahan pemanis buatan. Selamat berkreasi dengan aneka sajian aman menyehatkan bagi penderita diabetes ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE