Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba! | Breaktime
Attention, Inilah 5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Dicoba!
14.08.2015

Apa yang pertama kali terpikir oleh B’timers ketika mendengar nama negara Belanda? Ya, tentu saja kincir angin dan bunga tulip yang terkenal di sana. Namun, tak hanya wawasan sejarah serta budaya yang amat menarik untuk dipelajari dari Belanda, kulinernya pun menggiurkan dan wajib untuk dicoba paling tidak sekali seumur hidup. Apa sajakah itu?

Bitterballen

Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba!
Bitterballen gurih dan kaya rempah

Nama makanan ini menggambarkan bentuknya yang bulat seperti bola. Terbuat dari bahan daging sapi cincang atau daging sapi muda, kaldu daging, dan aneka bumbu rempah lainnya, sementara bagian luarnya dilapisi tepung roti. Sempurna saat dicelupkan ke mayonnaise atau mustard.

Kibbeling

Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba!
Olahan ikan yang super lezat

Kibbeling adalah potongan ikan cod yang dicelupkan dalam butter, lalu digoreng. Biasanya, makanan ini disajikan di pasar dan diberi topping herbs, bawang Bombay, dan air perasan lemon. Rasanya yang sedap dan unik wajib Anda coba!

Vlaai

Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba!
Manisnya kue pie a la Negeri Kincir Angin

Vlaaien adalah pie atau kue tart yang terbuat dari pastry dengan diberi isian. Di Belanda, ada ratusan jenis vlaaien dan hampir setiap jenisnya memiliki cita rasa khas yang sangat enak. Biasanya kue ini diberi topping buah, kacang atau gula bubuk, atau kombinasi ketiganya.

Oliebollen

Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba!
Kue donat khas Belanda yang lembut

Oliebollen juga dikenal sebagai kue donat Belanda dan seringkali disantap pada malam tahun baru. Kue ini dibuat dari adonan khusus menggunakan sendok khusus, kemudian digoreng. Adonan oliebollen seringkali diberi campuran kismis atau potongan apel. Kandungan kalori di dalamnya juga tergolong tak banyak, sekitar 80-90 kalori per donat.

Dutch Licorice

Daftar Makanan Khas Belanda yang Wajib Untuk Dicoba!
Uniknya olahan licorice khas Belanda

Mungkin sejenis akar manis ini terasa asing bagi sebagian orang, khususnya bagi yang bukan warga Belanda. Namun, di Belanda licorice sangat populer, bahkan ada belasan jenis licorice di sana. Ada yang lembut dan manis, ada juga yang teksturnya keras dan asin. Wajib dicoba!

Nah, itulah makanan khas Belanda yang sayang sekali kalau tak pernah dicicipi sama sekali. Coba rasakan dan perkaya pengalaman kuliner B’timers.

Share This Article