Asyiknya Makan di Luar Bersama si Kecil | Breaktime
Asyiknya Makan di Luar Bersama si Kecil
30.10.2017

Siapa bilang punya anak akan mengubah hidup Anda sepenuhnya? B’timers yang hobi makan di luar masih bisa kok melakukan kegiatan tersebut meski telah memiliki momongan. Tentu saja, ada beberapa penyesuaian yang perlu Anda lakukan saat makan di luar bersama anak. Hindari fine dining dengan 7 jenis menu atau yang didampingi dengan wine berkualitas terbaik. Meski awalnya terlihat sulit dan mustahil, mengajak anak makan bersama di luar sesekali akan mengajarkan beberapa keterampilan sosial yang perlu dimilikinya.

Kegiatan makan di restoran bersama keluarga dan anak-anak dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi buah hati, sekaligus mengenalkannya kepada berbagai citarasa makanan berbeda. Dilansir dari vogue.com, beberapa chef dan pengelola restoran membocorkan rahasia acara makan di lur bersama keluarga dan buah hati. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah pentingnya memulai makan seawal mungkin. Sesuaikan jadwal makan malam di luar dengan jam tidur si kecil, setidaknya 2,5 jam sebelumnya. Selalu ada kemungkinan waktu pulang yang terlambat karena terlalu asyik mengobrol bersama keluarga atau perjalanan pulang yang terjebak macet, tapi setidaknya Anda telah selesai makan bahkan keluar dari restoran sebelum si kecil mulai lelah dan cranky.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rayakan Halloween Lewat Makanan Unik Dunia

Selain memulai seawal mungkin, B’timers yang berencana makan di luar bersama keluarga dan buah hati sebaiknya menyiapkan menu khusus bagi si kecil. Bayi, balita, dan anak-anak cenderung memiliki kebutuhan dan selera khusus dalam hal makanan. Anda tentunya tak dapat memesan puree bagi anak balita Anda di sembarang restoran sehingga Anda harus membuat dan membawanya sendiri dari rumah. Demikian juga dengan anak-anak yang cenderung memiliki selera makan khusus. Selalu siapkan special treat berupa kudapan favoritnya untuk berjaga-jaga apabila si kecil tidak cocok dengan makanan yang disajikan di restoran. Anda juga bisa memesan makanan pembuka, minuman, menu utama, dan makanan penutup untuk disajikan secara bersamaan agar tidak perlu menunggu lama.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah si kecil rewel saat makan di luar ialah dengan melibatkan mereka dalam segala kegiatan yang memungkinkan saat di tempat makan. Jika bisa, B’timers bisa meminta izin kepada chef maupun staf dapur restoran untuk mengajak serta buah hati Anda agar terlibat atau setidaknya menyaksikan kegiatan memasak dan menyiapkan makanan pesanan keluarga Anda. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, libatkan si kecil dengan cara membaca daftar menu bersama. Ajak mereka mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam setiap menu, lalu minta mereka memesan makanannya sendiri. Berikan kegiatan makan yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan bersama di rumah sehingga si kecil merasa bersemangat dengan acara makan di luar yang istimewa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia
Asyiknya Makan di Luar Bersama si Kecil  | Breaktime
Berikan pengalaman makan di luar yang menyenangkan dan selalu dinantikan oleh si kecil

Menunggu bisa menjadi kegiatan yang membosankan bagi anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Lakukan permainan khas keluarga yang sering Anda lakukan bersama si kecil di rumah. Bawalah mainan kartu atau mainkan permainan sederhana untuk mengisi waktu menunggu pesanan datang. Hindari pemakaian gadget bagi seluruh anggota keluarga selagi menunggu waktu makan. Ajak si kecil untuk beranda-andai membayangkan seperti apa makanan pesanannya nanti. Anda juga bisa mengajak buah hati mengamati suasana restoran atau meja di sekitar Anda untuk mengisi waktu menunggu dengan interaksi positif. Meski nampak sederhana, kegiatan simpel semacam itu dapat melatihnya melakukan percakapan sederhana saat makan di luar yang tentunya akan menjadi keterampilan sosial yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Enak di Malang Ini Jadi Ciri Khas Malang

Pastikan kegiatan makan di luar menjadi acara istimewa yang selalu dinantikan buah hati Anda. Apabila B’timers senantiasa memaksanya makan sayur dan membatasi konsumsi gula setiap hari, kini izinkan si kecil untuk tidak makan sayur atau bahkan mencicipi dessert. Menjanjikan jus buah favorit atau cake favoritnya di akhir waktu makan akan memastikan anak Anda bertingkah manis dan tidak cranky sepanjang acara makan. Semoga acara makan di luar bersama keluarga dan buah hati berjalan lancar dan menyenangkan ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE