Granita? Dessert Paduan Shorbet dan Es Italia | Breaktime
Apa itu Granita? Dessert Paduan Shorbet dan Es Italia
19.05.2016

I scream! You scream! We all scream for an ice cream!” Nyanyian ini sangat populer di Amerika, lho. Untuk mengungkapkan keinginan makanan penutup dingin segera dihidangkan. Eits, tunggu dulu, B’timers! Bukankah kita sedang membicarakan granita? Dan apa itu granita sebenarnya, sih?

Kenalan dengan sepupu es krim, yuk!

Granita? Dessert Paduan Shorbet dan Es Italia | Breaktime
Granita kopi a la Italia dengan krim

Nah, granita atau di Italia lebih dikenal granita siciliana adalah makanan penutup semi-beku yang terbuat dari gula, air dan tambahan berbagai perasa, B’timers. Awal ditemukan di daerah Sisilia saja. Namun sekarang telah tersebar di seluruh Italia dalam bentuk yang sedikit perubahan.

Seorang penulis makanan, Jeffrey Steingarten menjelaskan apa itu granita. Dikatakannya granita merupakan kombinasi paling lezat dari 2 jenis dessert dingin yang berbeda, yaitu sorbet dan es krim Italia, B’timers. Di Sisilia sendiri, granita memiliki tekstur yang kasar dan lebih mengkristal.

Bagaimana cara membuat granita siciliana?

Granita? Dessert Paduan Shorbet dan Es Italia | Breaktime
Tomat dalam granita yang menyegarkan

Di setiap wilayah Italia memiliki granita dengan cirinya masing-masing. Misalnya di pantai barat dan Palermo, granita-nya lebih chunky, B’timers. Sementara di bagian timur, Anda akan mendapatkan tekstur yang lebih halus, seperti sorbet.

Sebagian besar granita merupakan hasil dari teknik pembekuan. Namun dengan cara yang berbeda, hasil akhirnya pun berbeda. Jenis granita halus dibuat menggunakan mesin gelato. Sementara yang kasar, dibekukan dengan proses sekali agitasi, lalu diparut untuk menghasilkan pecahan Kristal.

Apa bahan yang digunakan untuk granita?

Granita? Dessert Paduan Shorbet dan Es Italia | Breaktime
Sicilian granita dengan brioche hangat

Bahan penyedap tradisional termasuk jus lemon, jeruk mandarin, melati, kopi, almond ataupun mint. Dan ketika sedang musimnya, stroberi liar dan mulberry hitam juga dipakai. Di tempat lain di Sisilia, yaitu Catania, mereka memiliki granita cokelat, B’timers!

Sebenarnya, bahan alami dari Sisilia penting untuk memberikan nuansa spesial pada granita-nya. Lemon dari Sisilia lebih tidak asam, dengan aroma bunga yang mirip seperti lemon Meyer. Sedangkan penggunaan almon pun, mereka memakan almond pahit, lho.

Anda sudah tahu apa itu granita, B’timers? Tapi bagaimana cara menikmati granita yang benar, sih? Di Messina, mereka biasa menikmati granita dengan kopi. Sementara granita dengan almond yang paling populer di Catania. Granita sebagai kombinasi dengan kue ragi atau brioche merupakan menu sarapan lezat di musim panas. Hmm, tunggu resep granita di Breaktime, ya, B’timers! (NO)

Share This Article