Apa Arti “Natural”, “Organik” dan “Free-Range”? | Breaktime
Apa Arti Makanan “Natural”, “Organik” dan “Free-Range”?
11.11.2015

Tak hanya fashion saja, kini restoran juga semakin trendi. Mereka bahkan memberikan kemudahan dalam memilih menu dengan menyediakan pilihan yang lebih sehat dan detail. Namun, terkadang sejumlah pembeli masih belum mengerti apa maksud sebenarnya dari “label” makanan yang ada di menu. Berikut beberapa istilah yang paling umum dipakai dalam menu makanan di restoran:

Buah dan sayur

  • Organic

Ini berarti produk atau bahan makanan yang tersedia memang merupakan bahan-bahan organik. Beberapa restoran bahkan sudah memiliki sertifikasi organik. Jadi, bisa dipastikan makanan tersebut aman dari pestisida dan pupuk sintetis.

  • Seasonal

Jika terdapat tulisan ini, maka itu artinya makanan tersebut hanya tersedia pada saat musimnya saja. Contoh yang paling mudah misalnya mangga hanya tersedia saat tengah musim mangga, sama dengan buah musiman lainnya.

  • Foraged atau gathered:

Biasanya label ini untuk menandai makanan seperti jamur, aneka buah beri, atau lainnya yang disediakan oleh supplier profesional yang sudah terjamin dan diakui.

Daging sapi atau babi

  • Organic

Istilah ini berarti daging tersebut berasal dari hewan yang 100 persen diternakkan dan diberi makan dengan bahan organik, serta tidak diberi antibiotik atau hormon. Mungkin hewan ternak seperti sapi atau babi diberi vaksin untuk penyakit dan jika hewan-hewan tersebut sakit, mereka diberikan pereda rasa sakit dan sedikit sintetis yang sudah diakui.

  • Free-range

Daging free-range berasal dari hewan-hewan yang ditampung di tempat perlindungan. Di area ini biasanya disediakan makanan, minuman serta akses yang terbatas untuk ke luar ruangan. Area luarnya pun biasanya dipagari dan tak ada penjelasan berapa lama hewan-hewan tersebut ada di sana.

Apa Arti “Natural”, “Organik” dan “Free-Range”? | Breaktime
Daging juga dibedakan berdasarkan cara ternaknya
  • Grass-fed

Umumnya ini hanya untuk daging sapi. Hewan ternak ini dibiarkan makan rumput alami yang tersedia khusus untuk mereka. Sementara, babi dan ayam memakan biji-bijian, oleh karena itu rumput bukanlah makanan yang tepat untuk mereka. “Grass-fed” juga berbeda dengan “organic” karena makanan dari hewan yang diternakkan secara organik bisa jadi diberi campuran biji-bijian.

  • Pasture-raised

Secara umum, istilah ini berarti hewan-hewan tersebut telah digembalakan di padang rumput, namun juga diberi makan campuran biji-bijian. Ini hampir sama dengan istilah “free-range” di mana hewan ternak dilepas dengan bebas untuk merumput.

Ayam atau telur

Pada dasarnya, juga terdapat istilah yang sama seperti untuk daging sapi dan babi, yaitu ”organic”, “free-range” dan “natural”. Namun, pada ayam atau telur ada satu lagi istilah, yaitu “cage-free”, yang artinya ungags tersebut diternak tanpa diberi kandang. Mereka pun bisa dengan bebas meregangkan sayapnya dan bertelur di sarang secara alami.

Nah, kini B’timers sudah lebih mengerti istilah-istilah yang umum digunakan dalam menu makanan restoran, bukan? (md)

Share This Article