Aneka Ragam Jenis Pisau Berdasarkan Bahannya | Breaktime
Aneka Ragam Jenis Pisau Berdasarkan Bahannya
01.07.2016

Pisau adalah salah satu alat dapur yang paling penting, khususnya untuk mengupas dan memotong sayuran, buah serta bahan-bahan masak lainnya. Meski terlihat sepele, namun B’timers coba bayangkan hidup tanpa pisau, tak mungkin kan? Selain untuk masak, pisau juga biasa digunakan untuk makan sajian seperti steak dan roti bakar. Nah, kali ini yuk, belajar tentang ragam jenis pisau dan cara mengasah pisau yang benar.

Jenis pisau berdasarkan bahannya

  • Bahan baja karbon

Bahan ini merupakan campuran dari besi dan karbon, seringkali juga diberi campuran elemen lain seperti manggan. Pisau jenis ini lebih mudah diasah dibandingkan pisau stainless steel.

  • Bahan stainless steel

Campuran dari logam besi, kromium, nikel dan molibdenum, serta sedikit karbon. Pisau dengan bahan stainless steel lebih kuat dan tak mudah berkarat.

  • Bahan stainless steel karbon

Pisau dengan bahan ini biasanya dibuat dengan bahan yang lebih berkualitas dibandingkan pisau anti karat lainnya, lebih kuat, dan lebih mudah dipakai memotong.

Aneka Ragam Jenis Pisau Berdasarkan Bahannya | Breaktime
Pisau esensial untuk memasak di dapur

Bahan berlapis

Menggabungkan bahan yang keras dan rapuh, salah satu ragam jenis pisau ini ketajamannya bisa lebih awet dan tahan lama tanpa harus sering diasah.

Bahan titanium

Bahan yang satu ini lebih ringan dan tahan lama, namun bukan merupakan bahan logam yang paling kuat. Tapi, titanium lebih fleksibel daripada baja.

Bahan keramik

Keramik adalah bahan yang paling kuat, ketajamannya tahan lama, ringan dan takkan mengubah rasa makanan yang diiris menggunakan pisau keramik.

Bahan plastik

Plastik biasanya tidak terlalu tajam dan sering digunakan untuk memotong sayuran. Memang tidak tajam jika untuk memotong daging, namun bisa menggores kulit jika terkena.

Itulah ragam jenis pisau yang dibedakan menurut bahannya, B’timers. Pisau dapur Anda umumnya menggunakan bahan stainless steel yang awet dan anti berkarat. (md)

Share This Article