Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman | Breaktime
Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman
04.11.2017

Kuliner memang selalu menjadi magnet bagi setiap wisatawan. Kalau berbicara tentang kuliner, Indonesia bisa dibilang sebagai surganya. Nah, salah satu daerah yang jarang sekali dibahas adalah Pontianak. Kota khatulistiwa ini nyatanya punya kuliner khas yang membuat food lovers selalu ingin kembali ke sana. Aneka kuliner Pontianak yang sangat otentik banyak tersebar di kota yang berada di salah satu pulau terbesar Indonesia ini.

Nah, jika B’timers sedang berjalan-jalan ke Pontianak jangan sia-siakan waktu untuk mampir ke beberapa restoran yang menyediakan makanannya. Sebelumnya, cari tahu dulu yuk apa saja sih yang khas di kota Khatulistiwa ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dapatkan Kunci Kelezatan Kopi dari Ahli Rempah

Kurang sahih rasanya jika mengunjungi Pontianak tanpa mencicipi bubur pedasnya yang paling populer.

Kuliner yang satu ini jadi yang paling populer di sana. Bubur pedas dimasak dengan menggunakan bahan-bahan yang unik, seperti pucuk daun pakis, daun lengkuas, dan daun rempah lainnya. Cita rasa buburnya juga sangat kaya karena Anda akan menemukan kangkung, daun kesum, kacang goreng, dan teri. Gurihnya bubur pedas ini akan membuat Anda ketagihan deh.

Pernah makan burung Punai? Yuk coba rasakan gurihnya saat berkunjung di Pontianak.

Burung Punai merupakan jenis burung yang mirip dengan burung merpati, warnanya hijau, dan paruhnya kemerahan. Burung punai biasanya ditangkap dengan cara dijaring dan populasinya banyak ditemukan di Pontianak dan Mempawah. Burung punai biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Tekstur dagingnya sendiri sangat lembut. Rasa gurihnya muncul dari rempah dan bumbu yang dibuat untuk memasak.

Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman | Breaktime
Burung punai goreng, salah satu aneka kuliner Pontianak
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Masak dengan Slow Cooker ala Celebrity Chef

Kawasan Kalimantan Barat juga terkenal dengan sefood-nya. Salah satunya adalah Sotong Pangkong yang menggiurkan.

Sotong Pangkong mungkin hanya akan muncul di bulan Ramadhan. Sotong sendiri adalah jenis cumi. Sotong Pangkong adalah cumi yang dikeringkan dan dipanggang. Setelah itu, akan dipukul-pukul untuk membuat tekstur dagingnya lebih empuk. Sotong Pangkong disajikan dengan kuah sambal kacang dan asam pedas manis. Nikmat banget deh di mulut. Jadi harus coba salah satu aneka kuliner Pontianak ini.

Setelah kenyang, B’timers bisa coba berburu Chai Kue yang kenyal dan gurih.

Terbuat dari adonan tepung beras atau tepung ketan, di dalamnya diisi dengan berbagai macam sayuran. Teknik memasaknya ada yang digoreng, ada juga yang dikukus. Ada banyak penjual Chai Kue di Pontianak. Tetapi Anda bisa mencoba Chaikue Parwasal yang ada di Siantan. Lokasinya memang agak jauh, tapi rasa Chai Kue yang disini nggak ada yang bisa menandingi. Harga per bijinya Rp 1500 saja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Asyiknya Makan di Luar Bersama si Kecil

Untuk pemanis mulut, Anda bisa menikmati segarnya Es Krim Petrus.

Es krim Petrus memang sudah termahsyur di kalangan para pelancong. Lokasinya ada do Jalan Karel Satsuit Tubun, tepat di depan Sekolah Santo Petrus. Es krim homemade ini cocok dengan udara Pontianak yang panas. Beragam pilihan rasa bisa Anda nikmati. Dalam seporsi es ada campuran kacang merah, cincau hitam, agar-agar, dan lelehan cokelat. Penyajiannya juga bisa memilih, bisa dengan gelas, cup, roti, atau kelapa muda. Penasaran kan?

Well, jika Anda sedang liburan ke sana jangan sia-siakan untuk berburu aneka kuliner Pontianak yang tidak akan bisa ditemui di kota lain. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE