Aneka Chinese Food yang Wajib Dicoba | Breaktime
Aneka Chinese Food yang Wajib Dicoba
06.02.2016

Masakan Cina, bukanlah hal yang asing bagi rakyat Indonesia. Mulai dari makanan ringan hingga berat, dikenal baik oleh orang Indonesia pada umumnya. Tapi, belum lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi Chinese food berikut ini.

Bebek Peking

Saat ini, bebek peking telah dikenal oleh orang-orang diseluruh penjuru dunia. Bahkan, makanan yang berasal dari Beijing ini termasuk sebagai salah satu hidangan nasional China. Perbedaan bebek peking dibanding hidangan bebek yang lainnya adalah kulit tipis dan renyah, namun dengan daging yang lembut. Bebek peking juga kerap daisajikan sebagai pancake berbumbu saus kacang atau saus kedelai dan bawang putih.

Aneka Chinese Food yang Wajib Dicoba | Breaktime
Bebek peking yang dikenal di seluruh penjuru dunia

Ayam Gong Bao

Di Cina, ayam gong bao dibuat berbahan dasar daging ayam yang dipotong dadu, cabai kering, dan kacang tanah goreng. Namun, orang-orang di negara Barat mengembangkan ayam gong bao dengan memasak ayam potong dadau berlapis tepung jagung, kemudian diolah bersama sayuran, saus asam manis, serta bawang putih tumbuk.

Tahu Ma Po

Hidangan yang dikenal lebih dari 100 tahun ini merupakan makanan asal Chuan. Terbuat dari tahu susus dan daging sapi yang dicampur bawang cincang, tahu mapo juga dibumbui dengan merica bubuk khas Chuan. Nama Ma sendiri merupakan gambaran rasa pedas dan panas makanan ini.

Aneka Chinese Food yang Wajib Dicoba | Breaktime
Dumpling kerap disajikan sebagai dimsum

Dumpling

Di Indonesia, dumpling juga dikenal sebagai pangsit. Di Cina sendiri, makanan ini telah dikenal lebih dari 1.800 tahun dan populer di Cina utara. Terbuat dari adonan tepung berbentuk kulit tipis yang diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran. Dumpling bisa dimasak dengan cara kukus, rebus, atau goreng sesuai selera.

Chow Mein

Chow mein merupakan bahasa Kanton yang berarti mie tumis. Hidangan ini terdiri dari mie, daging ayam, udang, sapi, atau babi, bawang dan seledri. Seperti hidangan mie pada umumnya, mie untuk membuat chow mien haruslah direbus terlebih dahulu sebelum di tumis.

Aneka Chinese Food yang Wajib Dicoba | Breaktime
Spring roll yang mirip lumpia asal Indonesia

Spring roll

Spring roll merupakan lumpia asal Kanton yang berisi sayur atau daging. Rasanya pun dapat bervariasi antara manis dan gurih. Hidangan dimsum yang digoreng ini sangan populer di Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, dan HongKong.

Wontons

Wontons dikenal sebagai hidangan untuk merayakan titik balik matahari musim dingin sejak Dinasti Tang. Wontons biasanya berbentuk segitiga siku-siku dan disajikan sebagai pelengkap sup. Daging babi cincang atau udang potong dadu adalah isian wonton yang paling umum. (dfr)

Share This Article