Alasan Kenapa Masakan Manado Bercita Rasa Pedas l Breaktime
Alasan Kenapa Masakan Manado Bercita Rasa Pedas
06.08.2017

Anda yang merupakan pecinta kuliner pedas garis keras pastilah akan betah untuk berlama-lama tinggal di Kota Manado. Bagaimana tidak, kota yang terletak di kawasan Provinsi Sulawesi Utara ini namanya selalu dikaitkan dengan aneka masakan membakar lidah nan kaya akan rempah-rempah. Dimulai dari kuliner sambalnya— masakan manado kerap kali didampingi oleh sambal pedas menggigit seperti sambal roa dan sambal dabu-dabu.

Mendadak laper kan melihat kelezatan si Tinorangsak ayam?
Mendadak laper kan melihat kelezatan si Tinorangsak ayam?

Atau di momen perayaan natal dan tahun baru, kuliner manado yang paling banyak disajikan adalah sajian daging bumbu pedas bertajuk Tinorangsak. Tinorangsak dibuat dari daging babi yang dipotong kotak-kotak serta dibumbui dengan rangkaian bumbu seperti serai dan cabai hijau. Daging babi yang telah dilumuri baluran bumbu khas tersebut lantas dimasukkan ke dalam batang bambu untuk dibakar sampai daging empuk dan matang. Ia akan disantap bersama nasi jaha yang kebetulan juga dimasak dengan cara dibakar di dalam batang bambu. Dan kabar baiknya, kuliner pedas manado satu ini juga bisa dinikmati oleh umat muslim karena daging babi bisa diganti dengan daging ayam, daging sapi, hingga daging ikan seperti ikan tuna.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Unik, 10 Makanan Indonesia Punya Kepanjangan!

Manado juga punya lho deretan kuliner bahari yummy yakni si udang goreng rica-rica. Bumbu rica-rica sendiri sudah pasti identik dengan rasa pedas yang membuat bibir jontor tak karuan. Sekalipun begitu, rasa pedas bumbu ini masih akan disertai pula dengan kekayaan aroma rempah seperti serai, daun jeruk, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Sebagai penyegarnya, potongan tomat merah juga dimasukkan ke dalam bumbu masakan manado ini. Hasilnya, sekalipun bibir jadi ndower, Anda akan tetap ketagihan sebab lidah Anda tidak terkhianati oleh cita rasa rempahnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Salah Kaprah, Bahaya Konsumsi Telur Mentah

Tapi pernahkah terbersit di benak Anda kenapa kok makanan Manado hampir tidak pernah absen ditambahi potongan cabai? Well, kabarnya sih hal ini ada hubungannya dengan filosofi adat budaya dari suku etnis Minahasa. Masyarakat Manado memang dipenuhi oleh keturunan dari suku etnis ini, B’timers. Dan untuk yang belum tahu, suku etnis Minahasa ini selalu mengajarkan filosofi hidup agar kita senantiasa bersikap toleran. Sikap toleran ini bahkan harus ikut diwujudkan pada hal yang tidak kita sukai— contohnya seperti pada sesuatu yang bersifat ‘menyakitkan’. Nah, hal tersebut pun akhirnya direfleksikan melalui penciptaan makanan-makanan pedas yang ‘menyakitkan’ bagi lidah.

Suku Minahasa yang tahan banting dan mencintai toleransi
Suku Minahasa yang tahan banting dan mencintai toleransi

Kedengarannya sih memang kejam ya, B’timers? But it’s actually not. Menurut orang Minahasa, makanan adalah salah satu aspek yang paling mendasar dalam kehidupan. Oleh karena itu, jika sudah membiasakan diri dengan memakan makanan yang pedas, maka diharapkan para keturunan mereka dapat berlatih soal toleransi terhadap ‘rasa sakit’ bahkan dari hal-hal yang paling sederhana sekalipun. Wow, keren ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kaget, Harga Buku Menu Masakan Harian Indonesia!

Tapi ingat ya, B’timers kalau kepedasan makanan Manado tak bisa disamakan dengan kepedasan kuliner ala Padang. Keduanya memang sarat akan bumbu-bumbu khas rempah Indonesia, namun sensasi kepedasannya itu cukup berbeda jika dilihat dari berbagai macam sudut pandang. First of all, masakan manado tidak didominasi oleh penambahan santan yang creamy dan membuat masakan jadi terkesan ‘berat’. Berbeda lagi dengan masakan Padang yang tak akan menjadi otentik jika tak ditambahkan santan. Alasan kedua, masakan Padang jenis pedasnya lembut dan hangat di tenggorokan. Sedangkan masakan Manado jenis pedasnya menyegarkan karena proses memasaknya tidak lama seperti pada aneka jenis masakan Padang. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE