Ajaib, Menyembuhkan Jerawat lewat Makanan Ini! | Breaktime
Ajaib, Menyembuhkan Jerawat lewat Makanan Ini!
18.06.2017

B’timers, siapa bilang diet itu hanya melulu soal mengurangi berat badan? Faktanya, diet itu juga dapat dipakai untuk menyembuhkan jerawat lho. Ini pasalnya kebanyakan orang masih cukup blurry akan konsep diet yang sebenarnya mengacu pada pengaturan pola makan. Diet lebih kepada standar menu makan yang disusun untuk tujuan atau goal tertentu— bahkan untuk menumpas jerawat sekalipun.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Coklat Penyebab Utama Timbulnya Jerawat, Benarkah?

Beberapa makanan dikabarkan sangatlah buruk bila terus-menerus dikonsumsi oleh penderita jerawat. Hal ini utamanya banyak ditemukan di jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat sehari-hari seperti roti, nasi putih dan pasta. Penyebabnya adalah makanan-makanan ini umumnya  mengandung level gula darah yang tinggi. Nah, bila kadar gula darah dalam tubuh melebihi kadar normal, maka Ia akan menimbulkan produksi insulin berlebih. Hasilnya, Ia akan mempengaruhi peningkatan produksi pada kelenjar minyak juga. Resiko jerawat di wajah pun akhirnya ikut-ikutan bertambah parah.

Ajaib, Menyembuhkan Jerawat lewat Makanan Ini! | Breaktime
nasi putih termasuk makanan tinggi gula

Makanan semacam itu disebut dengan makanan ‘high-glycemic’. Sederhananya, mereka mayoritas dipenuhi akan zat gula sebagai kandungan utamanya. Maka dari itu, perhatikan betul-betul konsumsi ketiga makanan tersebut agar jangan sampai berlebihan porsinya dari hari ke hari. Kurangi pula makanan olahan susu yang dipercaya banyak menyimpan zat lemak jenuh pemicu jerawat tumbuh. Lalu makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi agar jerawat tak berani mendekat? Well, catat baik-baik ya!

Sebagai pengganti makanan karbohidrat dengan kandungan glisemik tinggi, baiknya Anda memakan jenis makanan dengan kandungan gandum utuh atau kacang polong. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ketela, roti gandum, nasi merah maupun kacang-kacangan, quinoa, dan lentil untuk menyembuhkan jerawat. Jangan tinggalkan bahan makanan yang sarat akan vitamin A dan vitamin E yang merupakan rahasia untuk memiliki kulit cantik bersih bercahaya. Contoh makanan seperti ini dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan seperti wortel, tomat dan bluberi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ragam Masakan Lebaran Khas Daerah Nusantara

Dari deretan ikan-ikanan, silahkan Anda perbanyak santapan menu yang mengandung ikan salmon, mackerel dan jenis ikan lain yang diperkaya dengan Omega-3. Urusan daging-dagingan, Anda boleh banget kok melahap jenis ayam kalkun yang diimbangi pula dengan konsumsi sayur sarat serat semacam bayam dan selada. 

Ajaib, Menyembuhkan Jerawat lewat Makanan Ini! | Breaktime
jangan ragu mengonsumsi ikan mackerel!

Diet semacam ini bukannya tak ada dasarnya lho, B’timers. sudah terbukti bahwa diet low-glycemic adalah diet yang ampuh dalam menyembuhkan jerawat. Sesuai dengan riset yang diterbitkan pada Journal of the American Academy of Dermatology, dalam 12 minggu diet ini mampu mengurangi kadar jerawat para pria yang menjadi objek penelitian tersebut. Tak cuma membuat wajah mereka jadi bebas jerawat, diet ini pun sukses memangkas berat badan berlebih yang mereka miliki. Cihuy! Ini baru yang namanya sambil menyelam minum air!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Modifikasi Makanan Khas Lebaran Ini!

Terlebih lagi, masih ada tambahan informasi bahwa makanan laut sekelas kepiting dan kerang tiram adalah menu yang konon manjur dalam menghalau datangnya jerawat. Sebuah studi yang diterbitkan di BioMed Research International Journal mengatakan bahwa makanan kaya zat besi adalah yang dibutuhkan untuk mencegah datangnya jerawat ke permukaan kulit. Studi ini menyarankan setidaknya Anda mengonsumsi 40 mg zat besi di setiap hari. Nah, zat besi ini dengan gampang ditemukan pada makanan laut seperti kepiting dan kerang tiram tadi.

Kalau jerawat yang Anda derita sudah tergolong pada level cukup serius, maka berkonsultasilah pada dokter terlebih dahulu sebelum mencoba rangkaian diet untuk menyembuhkan jerawat di atas. Selamat mencoba ya, B’timers! (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE