Agar-agar, Jelly dan Pudding, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Agar-agar, Jelly dan Pudding, Apa Sih, Bedanya?
17.08.2016

Apa yang paling sering Anda olah sebagai makanan penutup, B’timers? Tak sedikit yang menyukai agar-agar, jelly maupun pudding, lho. Dihidangkan dingin maupun tidak, sama-sama menyegarkan dan dapat memuaskan dahaga. Apalagi dengan rasanya yang manis, hmmm! Siapa berani menolak olahan satu ini, B’timers? Yuk, intip bedanya agar-agar, jelly dan pudding dulu, B’timers!

Agar-agar, Jelly dan Pudding, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Tekstur agar-agar lebih halus dan berair

Agar-agar

Dessert paling umum adalah agar-agar. Nah, agar-agar sebenarnya adalah jenis karbohidrat yang tinggi serat dari dinding sel rumput laut, B’timers. Dan Anda bisa mendapatkan agar-agar dalam bentuk bubuk. Gel agar-agar akan terbentuk setelah adanya proses pemanasan. Teksturnya cenderung lebih halus dan sangat mudah dicerna. Selain nikmat, ternyata agar-agar dari rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Seperti melancarkan pencernaan, menghaluskan kulit hingga menurunkan panas dalam.

Agar-agar, Jelly dan Pudding, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Sama seperti agar-agar, namun lebih padat

Jelly

Sementara jelly merupakan makanan yang dibuat dari karaginan, atau senyawa polisakarida. Senyawa ini diekstrak dari rumput laut jenis tertentu, B’timers. Nah, inilah bedanya agar-agar, jelly dan pudding yang perlu Anda ketahui. Karena bahan pembuatannya inilah, yang menjadikan tekstur jelly berbeda dengan agar-agar. Jika agar-agar bertekstur lembut, jelly lebih padat dan kenyal. Selain itu, dalam jelly sering ditambahkan bahan lain, seperti sari buah-buahan yang disaring.

Baca juga : 6 MAKANAN KAKI LIMA FAVORIT KHAS INDONESIA

Agar-agar, Jelly dan Pudding, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Disajikan dingin lebih nikmat, nih

Pudding

Kalau pudding, makanan yang juga dikenal sebagai hidangan penutup ini, umumnya terbuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus atau dipanggang, B’timers. Selain terbuat dari campuran agar-agar, untuk membuat pudding ada bahan tambahan lainnya. Seperti telur, susu atau yogurt dan campuran tepung pati. Nah, karena menggunakan banyak bahan tambahan, pudding memiliki tekstur yang sangat lembut.

Dari semua bedanya agar-agar, jelly dan pudding, mana, nih, satu yang paling Anda sukai, B’timers? (NO)

Share This Article