Cara Bikin Ikan Bakar Seenak di Restoran, Yuk! | Breaktime
Ada Caranya Lho, Bikin Ikan Bakar Seenak di Restoran
08.10.2015

Ikan bakar memang menjadi santapan lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Baik mujair, gurami, tuna, ataupun salmon, pasti nikmat diolah menjadi ikan bakar madu atau kecap. Sayangnya, saat membuat sendiri di rumah, rasa ikan bakar tak senikmat rasa restoran. Bentuknya pun acak-acakan karena menempel pada panggangan. Lantas bagaimana cara membuatnya, ya?

#1 Goreng ikan

Ikan bakar kok digoreng? Pertanyaan ini pasti terlintas di pikiran Anda, bukan? Cara pertama ini sebenarnya merupakan salah satu rahasia kenapa bentuk ikan bakar a la restoran terlihat memikat. Koki akan menggoreng ikan setengah matang agar teksturnya tak terlalu lembek dan tidak menempel pada panggangan.

#2 Biarkan kulit tetap menempel

Ketika akan dibakar, banyak yang menyarankan agar kulit ikan dihilangkan agar bumbu lebih terasa. Tapi, sebenarnya Anda bisa mengupasnya setelah ikan selesai di bakar. Lalu bagaimana dengan bumbunya? Temukan jawabannya di poin ke tiga!

Membungkus ikan menggunakan daun pisang ketika dibakar akan menambah cita rasa
Membungkus ikan menggunakan daun pisang ketika dibakar akan menambah cita rasa

#3 Gunakan bumbu pilihan

Bumbu pilihan, tak harus mahal, asal masih segar dan berkualitas, rasa ikan bakar akan lebih nikmat. Jika Anda tak yakin bumbu bisa merasuk dengan cepat, lumuri ikan dengan bumbu dan diamkan selama 30 menit. Selain itu, Anda bisa membuat sayatan di badan ikan dengan 3 garis horizontal agar bumbu lebih merasuk.

Gunakan alat penjepit ketika memanggang ikan di atas bara api
Gunakan alat penjepit ketika memanggang ikan di atas bara api

#4 Teknik membakar ikan

Meskipun sebenarnya terlihat mudah, membakar ikan harus menggunakan cara yang benar agar rasa dan bentuknya perfect.

  1. Jangan ragu untuk mengolesi alat pemanggang dengan margarin, minyak goreng, ataupun minyak zaitun. Cara ini bertujuan agar ikan tidak menempel pada alat pemanggangnya.
  2. Gunakan spatula khusus ikan yang berbentuk panjang agar Anda bisa mengangkat seluruh bagian ikan ketika membaliknya.
  3. Jika Anda menggunakan panggangan bara api, pastikan Anda memakai alat penjepit ikan. Teknik ini ampuh untuk memastikan ikan tetap utuh. Jika tak memiliki alat ini, Anda bisa menusuk ikan, layaknya membakar tongkol.
  4. Lumuri ikan dengan bumbu ketika Anda membaliknya, teknik ini akan membuat bumbu lebih terasa hingga ke bagian dalam daging ikan.
  5. Teknik yang paling mudah untuk menjaga bentuk ikan tetap utuh adalah dengan membungkusnya menggunakan daun pisang. Selain menambah cita rasa ikan, membungkus menggunakan daun pisang juga mempermudah Anda untuk membakarnya. Jika kesulitan mencari daun pisang, gunakan alumunium foil untuk membungkus ikan.
  6. Perhatikan waktu membakar ikan! Untuk setiap sisi, biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 5 menit untuk membuat daging ikan matang hingga bagian dalam.

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan menikmati ikan bakar a la resto, B’timers!

Share This Article