Ada Banyak Ragam Kentang! Kenali Mereka, yuk! | Breaktime
Ada Banyak Ragam Kentang, lho! Kenali Mereka, yuk!
16.05.2016

Salad kentang. Kentang panggang. Atau french fries dari restoran cepat saji. Ya, semua olahan kentang memang selalu menggiurkan, ya, B’timers. Banyak yang memilih kentang sebagai pengganti nasi, karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya dan cukup mengenyangkan. Nah, bagaimana jika Breaktime sajikan berbagai ragam kentang yang ada untuk memudahkan Anda jika ingin mengolahnya menjadi berbagai menu lezat, B’timers!

Russet potatoes

Kentang berwarna coklat muda adalah kentang tradisional untuk menu panggang Anda, B’timers. Jenis ini paling baik jika dimasak utuh, contohnya dipanggang. Anda akan mendapatkan tekstur lembut dengan kulit lunak yang menutupinya. Kelembutan kentang jenis ini juga membuatnya cocok diolah menjadi kentang tumbuk.

Ada Banyak Ragam Kentang! Kenali Mereka, yuk! | Breaktime
Kentang tumbuk yang diolah menjadi bubur kentang

Red potatoes

Untuk jenis kentang yang satu ini biasanya berukuran lebih kecil dan memiliki kulit merah, B’timers. Anda bisa memanggang atau menumbuknya, atau menjadikannya campuran dapam semur dan sup. Testurnya yang seperti lilin membuat bentuk kentang ini tetap terjaga meskipun dimasak, bahkan ketika direbus lama dalam cairan.

White potatoes

Sama seperti kentang merah, bentuk dan tekstur kentang putih ini kecil dan lebih legit. Ragam kentang ini sangat sempurna untuk dijadikan salad kentang atau kentang panggang, B’timers. Namun berbeda dengan kentang merah, kentang putih akan lebih mudah hancur jika terlalu lama direbus, jadi akan muncul gumpalan setelah diolah.

Ada Banyak Ragam Kentang! Kenali Mereka, yuk! | Breaktime
Salad kentang biasanya terbuat dari kentang putih

Yellow potatoes and Yukon gold potatoes

Berbeda dengan kentang merah, kentang ini cenderung akan hancur ketika dimasak. Terutama dalam cairan. Jika Anda memang harus merebusnya, segera tiriskan setelah matang. Dan Anda bisa melembutkannya, lalu menggunakannya sebagai bahan utama untuk membuat pancake, B’timers. Jika tidak, sebaiknya bakar atau panggang kentang kuning, ya?

Purple or blue potatoes

Meskipun sangat mudah dikenali, kentang jenis ini juga memiliki keunikan, lho, B’timers. Yaitu rasanya yang pedas. Selain itu, harganya juga lebih tinggi dibandingkan dengan ragam kentang yang lainnya. Tapi kentang biru atau ungu merupakan tambahan sempurna untuk salad dan menu olahan panggang lainnya, B’timers.

Ada Banyak Ragam Kentang! Kenali Mereka, yuk! | Breaktime
Rasa pedas yang unik dari kentang biru

Selain kelima ragam kentang di atas, Anda mungkin akan menemukan kentang petites atau fingerling dengan ukuran yang lebih kecil dari semua kentang tadi, B’timers. Well, dengan begitu banyak jenis kentang, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara memasaknya, B’timers. So, jangan lupa siapkan resep spesial untuk mengolah menu kesukaan menggunakan kentang, ya? (NO)

Share This Article