Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol | Breaktime
Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol
01.07.2017

Salah satu penyakit yang menghantui masyarakat Indonesia adalah kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Orang – orang yang cenderung memiliki kolesterol tinggi, harus berhati – hati dan mulai membaca tentang cara menurunkan kolesterol.

Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada faktor kesehatan. Seperti pada peribahasa western,you are what you eat.” Makanan yang masuk kedalam tubuh juga menentukan seberapa fit Anda, bahkan seberapa lama Anda bisa hidup sehat. Berikut adalah makanan yang bisa membantu Anda menurunkan kolesterol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Catat, yuk! Inilah Makanan Menurunkan Kolesterol

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol. Seseorang dengan kolesterol tinggi harus menurunkan LDL dan meningkatkan ada di mana produk zaitun dapat melakukannya. Campuran dua sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salat untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh. 

Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol | Breaktime
Minyak Zaitun

Biji-bijian dan kacang-kacangan. Biji-bijian termasuk didalamnya kedelai, lentil dan sebagainya yang mengandung serat yang tinggi. Biji-bijian pada umumnya sangat rendah lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Terlebih biji-bijian memiliki indeks glikemik rendah dan itu berarti bahwa perlu waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan ini dalam perut Sehingga Anda tidak mudah lapar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi

Jenis kacang almond dan kacang lainnya dapat menurunkan kolesterol. Kenari dengan kandungan asam lemak tak jenuh nya dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Mengkonsumsi 43,5 gram kacang-kacangan dapat membantu Anda menurunkan resiko penyakit jantung asal kacang-kacangan tersebut tidak diberi garam atau gula. 

Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol | Breaktime
Makanan penurun kolesterol

Buah dan sayuran. Terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang tinggi adalah pilihan yang baik untuk diet kolesterol Anda. Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C antara lain semua jenis berry (seperti strawberry, cranberry, blackberry dan lainnya), jeruk, anggur, mangga, brokoli, dan jambu. Jika ingin memilih sayur dan buah yang mengandung betakaroten tinggi, maka kesemek, aprikot, mangga, wortel, labu, brokoli dan bayam adalah pilihan utama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Tinggi Kolesterol Ini Harus Dihindari

Makanan ber-omega 3 dan ikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan tiga kali atau lebih dalam sehari dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ikan mengandung omega 3. Umumnya semua ikan mengandung omega 3, namun omega 3 terbaik bisa didapatkan dari jenis ikan salmon, tuna dan sarden. Lebih baik membakar atau mengukus ikan dibanding menggorengnya yang berarti menambahkan lemak. Sumber omega 3 lainnya adalah minyak kanola yang dapat diperoleh di supermarket.

Oatmeal dan makanan berserat tinggi. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat yang dapat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Mengkonsumsi 10 gram serat dapat mengurangi kadar kolesterol termasuk LDL kolesterol.

Makanan – makanan di atas sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya sangat terjangkau. B’timers yang kesulitan menurunkan kolesterol bisa segera mengkonsumsi pilihan makanan diatas. Untuk hasil lebih maksimal, hindari segala olahan daging, garam dan gula. Mulailah memilih makanan yang rendah lemak. Jika Anda masih khawatir dengan kandungan kolesterol dalam tubuh Anda, segera hubungi dokter.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE