Makanan Pembawa Keberuntungan dari Berbagai Negara
7 Makanan Pembawa Keberuntungan dari Berbagai Negara
09.09.2015

Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam beraktivitas. Nah, 7 makanan ini tak hanya dapat mengisi energi, tapi juga dipercaya dapat membawa keberuntungan. Makanan pembawa keberuntungan apa sajakah itu? Ini daftarnya:

Mie

Orang Cina dan Jepang percaya bahwa mie adalah makanan pembawa keberuntungan. Mie biasanya dimakan ketika berulang tahun dan menjelang tahun baru. Hal ini karena mereka percaya bentuk mie yang panjang mengambarkan umur dan keberuntungan yang panjang.

Makanan Pembawa Keberuntungan dari Berbagai Negara
Bakpau bentuk babi, salah satu makanan pembawa keberuntungan

Daging babi

Di beberapa negara, seperti Kuba, Spanyol, Portugal, Hungaria dan Austria, babi melambangkan kemajuan. Ada yang bilang, hal itu karena babi tidak pernah berjalan mundur, lalu mengaitkannya dengan kebiasaan makan babi. Uniknya, Anda tak harus memakan daging babi. Bahkan permen, kue, atau roti berbentuk babi pun dapat membawa keberuntungan.

Baca juga: 7 MAKANAN KHAS DUBAI YANG WAJIB DICICIPI MINIMAL SEKALI SEUMUR HIDUP

Ikan

Doris Lum, ahli masakan Cina, mengatakan bahwa kata ‘ikan’ dalam bahasa Cina, terdengar mirip dengan kata ‘kelimpahan’. Oleh karena itu, ikan juga dipercaya sebagai makanan pembawa keberuntungan yang akan memudahkan urusan rezeki. Tapi dalam penyajiannya, ikan haruslah benar-benar utuh dari kepala sampi ekor untuk memastikan tahun yang baik dari awal sampai akhir.

Anggur

Orang Spanyol dan Portugis akan memakan 12 buah anggur ketika pergantian tahun dan jam berdentang sebanyak 12 kali. Jumlah 12 anggur ini sebagai simbol 12 bulan yang akan dilalui pada tahun berikutnya. Sebenarnya, semua buah berbentuk bulat dianggap membawa keberuntungan. Namun, ukuran anggur yang kecil akan lebih mudah dimakan sesuai dengan dentang jam.

Delima

Di Turki delima dipercaya sebagai makanan pembawa keberuntungan dengan berbagai alasan. Warna merah delima melambangkan hati manusia, menunjukkan kehidupan dan kesuburan. Bijinya yang bulat melambangkan kemakmuran, serta manfaatnya sebagai obat melambangkan kesehatan.

Sedangkan di Yunani, delima bukannya dimakan tapi dibanting hingga pecah. Biasanya, ketika tahun baru delima akan dilemparkan ke depan pintu. Semakin banyak biji yang bertebaran, semakin banyak juga kemakmuran dan keberuntungan yang akan diperoleh.

Sayuran berdaun hijau

Orang Amerika dan Eropa, akan memakan sayuran berdaun hijau ketika tahun baru. Mereka menganggap sayuran hijau akan membawa keberuntungan karena warnanya yang mirip uang. Jadi, semakin banyak makan sayuran hijau, semakin banyak pula uang yang akan diperoleh.

Makanan Pembawa Keberuntungan dari Berbagai Negara
Aneka kacang-kacangan yang akan membawa keberuntungan

Kacang hijau

Cothechino con Lenticchie (kacang hijau dengan sosis) menjadi makanan tahun baru paling populer di Italia. Warnanya yang hijau melambagkan uang, begitu pula ketika dimasak, kacang hijau akan menyerap banyak air yang melambangkan kekayaan.

Kacang polong

Kacang polong dianggap membawa keberuntungan karena kemiripannya dengan uang koin. Di Amerika Serikat bagian Aelatan, ketika tahun baru kacang polong akan disajikan bersama nasi sebagai Hoppin’ John. Sedangkan setalah tahun baru, sisa Hoppin’ John yang belum termakan di sebut Skippin Jenny’ yang dimaksudkan untuk berhemat.

Share This Article